img

PETANI KELOLA TANAH AIR

Editorial | 21 March 2017 , 06:02 WIB | Read : 1060 | Ignatius Ery Kurniawan
img

Sebagai negara tropis yang memiliki luas daratan yang terbilang besar, Indonesia memiliki potensi besar menjadi negara agraris maju. Peluang tersebut, bisa dilakukan melalui pengelolaan lahan daratan sebagai perkebunan. Salah satunya, melalui pengelolaan perkebunan kelapa sawit yang masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Perkebunan kelapa sawit, sebagai basis produksi minyak sawit memang sering menjadi topik pembicaraan. Dari segi manfaatnya, perkebunan kelapa sawit menjadi primadona jenis usaha yang layak untuk dikembangkan di berbagai daerah. Lantaran, sebagai negara tropis, kelapa sawit sangat cocok ditanam di wilayah Indonesia.

Kendati bukan tanaman asli asal Indonesia, namun keberadaan kelapa sawit, memang sangat potensial dikembangkan di daerah-daerah yang berdekatan dengan garis khatulistiwa. Tentu saja, keberadaan sebagian besar wilayah Indonesia, yang berdekatan dengan garis khatulistiwa, memiliki peluang besar untuk dikembangkan menjadi perkebunan kelapa sawit.

Besarnya potensi wilayah Indonesia, juga sebagai bagian dari keberhasilan praktek budidaya tanaman yang kemudian dilakukan. Pasalnya, dengan menanam kelapa sawit, maka produktivitas hasil panen yang akan dihasilkan bakalan maksimal. Sisi agroklimat ini, juga menjadi kunci keberhasilan dari praktek budidaya yang dilakukan, selain curah hujan dan kelembaban udaranya.

Keberhasilan mendapatkan hasil panen maksimal, juga sangat dipengaruhi dari penggunaan benih unggul terbaik dan penggunaan pupuk yang tepat dosis dan tepat sasaran. Tentu saja, pengelola perkebunan kelapa sawit seperti petani kelapa sawit, menjadi aktor penting bagi keberhasilan pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan di masa depan.

Praktek budidaya terbaik dan berkelanjutan, telah menjadi satu bagian tak terpisahkan, yang harus dilakukan sejak awal. Melalui pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan, maka arah dan tujuan pembangunan nasional akan dapat dengan mudah terwujud.

Pasalnya, perkebunan kelapa . . .

 

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img