img

KEBERPIHAKAN SAWIT

Editorial | 30 April 2017 , 06:52 WIB | Read : 785 | Ignatius Ery Kurniawan
img

SEBAGAI SALAH SATU SOKOGURU EKONOMI NASIONAL, PERKEBUNAN KELAPA SAWIT TELAH MEMBERIKAN KONTRIBUSI BESAR BAGI PEMBANGUNAN NASIONAL. KENDATI TAK PERNAH BERHENTI MENDAPATKAN SERANGAN DAN TUDINGAN NEGATIF, NAMUN JAWABAN NYATA SELALU DIBERIKAN, MELALUI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN EKONOMI MASYARAKAT LUAS YANG DIDAPATKAN DARI HASIL BERKEBUNNYA.

Hasil berkebun kelapa sawit petani di Indonesia, tak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, kesejahteraan ekonomi dari sebagian besar masyarakat petani di Indonesia berasal dari berkebun kelapa sawit. Terlebih, kekuatan petani selalu ditopang perusahaan perkebunan kelapa sawit nasional sebagai mitra kerja yang selalu berjibaku menghasilkan produksi minyak sawit mentah (CPO).

Wajar bila kemudian, produksi CPO selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Pasalnya, kerja keras petani dan perusahaan perkebunan yang didukung pemerintah pusat dan daerah, selalu melakukan perbaikan praktek budidaya terbaik dan berkelanjutan. Hasilnya, produksi CPO selalu mengalami pertumbuhan, sehingga menjadi kekuatan besar bagi petani dan perusahaan perkebunan kelapa sawit untuk selalu menyejahterakan masyarakat di sekitar perkebunan kelapa sawit.

Kekuatan produksi CPO yang berkelanjutan dan terus meningkat itu, juga menjadi  penyangga kuat bagi bertumbuhnya ekonomi berbasis perkebunan kelapa sawit nasional. Pasalnya, keberadaan perkebunan akan senantiasa terjaga dan ikut mendorong meluasnya dampak perkebunan kelapa sawit ke berbagai sektor usaha lainnya. Sehingga, perkebunan kelapa sawit mampu mendorong terwujudnya  kesejahteraan ekonomi masyarakat luas di berbagai daerah hingga menjadi kekuatan ekonomi nasional.

Sejatinya, kesejahteraan ekonomi masyarakat sekitar perkebunan kelapa sawit, berasal dari hasil panen tandan buah segar (TBS) yang dihasilkannya. Melalui penjualan hasil panen TBS itu, maka masyarakat menghasilkan kekuatan baru untuk membangun ekonominya. Secara bersamaan, perekonomian masyarakat sawit yang terbangun itu, juga menghasilkan kekuatan baru bagi masyarakat sekitarnya.

Masyarakat sekitar perkebunan kelapa sawit, dapat terbagun ekonominya, melalui berbagai jenis kegiatan usaha yang terbangun kemudian, seperti usaha perdagangan barang dan jasa. Tumbuhnya berbagai jenis perdagangan barang dan jasa, sangat terkait erat dengan kemampuan masyarakat sawit dalam mengelola perkebunan kelapa sawit di daerah.

Meningkatkan Ekonomi Daerah . . .

Kemampuan perkebunan kelapa sawit dalam meningkatkan potensi ekonomi di berbagai daerah, memang bukan cerita baru. Seperti pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal, yang telah meluas menjadi kekuatan ekonomi 

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img