img

PRO SAWIT LESTARI

Editorial | 02 June 2017 , 06:56 WIB | Read : 1061 | Ignatius Ery Kurniawan
img

BICARA ISU-ISU NEGATIF MENGENAI INDUSTRI KELAPA SAWIT DAN TURUNANNYA, MEMANG TAK AKAN PERNAH HABIS UNTUK DI DISKUSIKAN. PASALNYA, INDUSTRI HULU ATAWA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT MASIH TERUS BERTUMBUH SEJALAN DENGAN PRODUKSI MINYAK SAWIT MENTAH (CPO) YANG KIAN BERTAMBAH. DI SISI LAIN, BANYAKNYA ATURAN YANG MENYARATKAN PRODUKSI CPO LESTARI, SECARA NYATA, JUSTRU MENDUKUNG BERTAMBAHNYA LAJU PRODUKSI.

Kondisi yang semakin menguntungkan industri CPO dan turunannya tersebut, tentu kian menjadi bumerang bagi industri pesaingnya. Lantaran, sebagai bagian dari komoditi minyak nabati dunia, CPO telah menjadi primadona utama sebagai pilihan minyak nabati yang paling sehat, aman dan efisien untuk digunakan sebagai minyak makanan dan non makanan.

Tak heran, jika sebagian besar industri turunan minyak nabati yang beroperasi di berbagai belahan dunia, selalu menggunakan CPO dan produk turunannya, sebagai bahan baku alternatif, yang selalu siap untuk digunakan, bila suplai bahan baku utama dari minyak soybean atau rapeseed mengalami kendala produksi atau kenaikan harga yang drastis.

Penggunaan CPO dan produk turunannya sebagai bahan baku alternatif ini, memang kian meluas sejak medio 1990an. Dimana, kondisi fluktuasi harga minyak bumi kala itu, menjadi pemicu utama meningkatnya harga jual minyak nabati didunia. Kondisi tersebut, menjadi fundamental utama bagi pelaku usaha komoditas, dimana minyak nabati menjadi penting keberadaannya, sebagai bahan baku alternatif dikala minyak bumi mengalami kenaikan harga yang drastis.

Melalui pola bahan baku alternatif itulah, maka pengamanan akan suplai bahan baku bagi industri turunan minyak bumi menjadi aman dan terkendali. Secara perlahan-lahan, kondisi perdagangan minyak bumi dan minyak nabati beserta produk turunannya menyelaraskan berbagai hubungan dagang dan potensinya sehingga membentuk jaringan harga yang saling terkait.

Tentu saja, minyak nabati  . . .

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img