img

MEMUTUS KENDALA PEREMAJAAN SAWIT

Fokus | 02 June 2017 , 06:58 WIB | Read : 1067 | Atep Yulianto Irawan
img

JIKA PROGRAM BIODIESEL SAWIT DIANGGAP BERHASIL, JUSTRU UPAYA PEREMAJAAN SAWIT RAKYAT MENGALAMI KENDALA. KEJELASAN STATUS LAHAN DAN KETEPATAN SASARAN JADI MUSABABNYA. KINI BADAN PENGELOLA DANA PERKEBUNAN KELAPA SAWIT (BPDP-KS) MENGGANDENG KEMENTERIAN PERTANIAN, GUNA SUKSESNYA PEREMAJAAN SAWIT RAKYAT SELUAS 22 RIBU HA.

Sebelumnya kehadiran lembaga Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) diharapkan bakal menjadi solusi bagi masalah klasik yang dihadapi perkebunan kelapa sawit nasional, utamanya mengenai upaya peningkatan produktivitas perkebunan kelapa sawit rakyat.

Toh, dalam misi BPDP-KS merujuk Perpres No. 61 Tahun 2015 tentang Penghimpunan dan Penggunaan Dana Perkebunan Kelapa Sawit, juga menyebut salah satu misi dari dana pungutan itu bakal digunakan untuk membantu petani sawit swadaya dalam melakukan peremajaan perkebunan kelapa sawitnya.

Sayangnya untuk misi yang satu ini BPDP-KS menghadapi kendala. Pada 2016 lalu dari sejumlah proposal pengajuan peremajaan kelapa sawit rakyat dengan luasan sekitar 26,5 ribu ha, melibatkan sebanyak 12 ribu petani. Dimana perkebunan kelapa sawit rakyat itu terdiri dari sebanyak 79% adalah petani swadaya dan sebanyak 21% adalah petani plasma.

Sebanyak 61% dari total usulan peremajaan sawit itu menghadapi kendala kejelasan status lahan, sehingga masih membutuhkan proses verifikasi kejelasan data dan verifikasi ketepatan sasaran, bahwa dana sawit digunakan untuk peremajaan sawit rakyat yang membutuhkan. (Baca InfoSAWIT edisi Februari 2017, Biodiesel Lanjut, Peremajaan Sawit Butuh Solusi Cepat)

Kini kabarnya, proses peremajaan sawit rakyat bakal dilakukan Kementerian Pertanian lewat Direktorat Jenderal Perkebunan. Caranya sebelum pihak petani mengajukan pendanaan dari BPDP-KS pihak petani terlebih dahulu  harus melewati verifikasi dari Dinas Perkebunan setempat. Cara demikian untuk memastikan lahan petani tidak dalam masalah kejelasan status lahan.

Terlebih tidak hanya lahan yang ada dikawasan, 

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img