img

INFO CWE - KINI SAATNYA MENGABDI DI KEBUN SAWIT RAKYAT

Info | 02 June 2017 , 06:08 WIB | Read : 1061 | Atep Yulianto Irawan
img

Setelah genap 9 bulan memperoleh pembelajaran mengenai budidaya kelapa sawit di Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi, peserta program beasiswa Pelatihan Teknis Kebun Kelapa Sawit Setara D1 pun siap menerapkan keilmuannya di perkebunan kelapa sawit rakyat

Nampak dari wajah Yunus Pinder (25) asal Manokwari itu, tersirat rasa bahagia dan kegembiraan yang luar biasa. Bukan lain karena pada 3 Mei 2017 lalu, dia menjadi salah satu peserta Program Beasiswa Pelatihan Teknis Kebun Kelapa Sawit Setara D1, yang lulus.

Terlebih tidak banyak anak petani asal Papua Barat yang mendapatkan keberuntungan memperoleh program beasiswa hasil kerjasama Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) dengan dukungan dana sepenuhnya dari Badan Pengelola Dana Perkebunan (BPDP) Kelapa Sawit.

Ucap lulusan SMA Bina Taruna Papua Masni itu, dari 28 anak petani asal Papua, hanya sebanyak 8 orang yang lolos seleksi, dimana sebanyak 6 siswa ditempatkan di Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi dan 2 lainnya menempuh program beasiswa itu di Instiper Jogjakarta.

Dalam diri Yunus selepas lulus, hanya ingin membahagiakan orangtuanya di Papua yang ternyata juga merupakan petani kelapa sawit dengan kepemilikan lahan sekitar 5 ha. “Saya ingin membahagiakan orangtua, dengan membangun kebun sawit kami untuk memiliki produktivitas yang lebih baik,” katanya kepada InfoSAWIT, selepas acara kelulusan belum lama ini di Bekasi, Jawa Barat.

Diri Yunus pun semakin terpacu belajar tentang budidaya kelapa sawit tatkala melakukan praktik kerja lapangan di perkebunan kelapa sawit berlokasi di Riau. Kata Yunus, di Riau harga TBS petani dihargai lebih tinggi dibandingkan di Papua, ini karena didukung dengan sertifikasi minyak sawit berkelanjutan. Sebab itu dirinya ingin mempraktikkan hal serupa di Papua. Harapannya harga TBS petani di Papua pun bisa lebih tinggi. “Saat ini harganya hanya sekitar Rp 800/kg,” tandas Yunus.

Selain Yunus, pengalaman . . .

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img