img

KEMITRAAN PETANI DUKUNG USAHA SAWIT

Editorial | 08 July 2017 , 06:01 WIB | Read : 684 | Ignatius Ery Kurniawan
img

KEHIDUPAN PEDESAAN YANG IDENTIK DENGAN KEHIDUPAN SEBAGIAN BESAR DAERAH PERKEBUNAN KELAPA SAWIT, TELAH MENJADI CIRI KHAS DARI SEBAGIAN BESAR PENGEMBANGAN KEBUN SAWIT DI INDONESIA. KEHIDUPAN BERSAHABAT DAN BERSAHAJA, YANG SALING BERGOTONG-ROYONG, KERAP MENJADI BAGIAN DARI AKTIVITAS KEHIDUPAN SEHARI-HARINYA.

Saling bertegur sapa dan menanyakan kabar, sering kita jumpai bila berkunjung ke daerah perkebunan kelapa sawit. Hampir di setiap wilayah perkebunan kelapa sawit, banyak kita jumpai persaudaraan yang terjalin atas beragam suku dan agama. Terlebih, pengembangan perkebunan kelapa sawit yang dahulu dirintis, juga menyertakan masyarakat dari daerah padat penduduk.

Pola Perkebunan Inti Rakyat (PIR) yang telah menjadi bagian dari pengembangan perkebunan kelapa sawit nasional, juga menjadi penguat pondasi usaha kelapa sawit. Melalui pengembangan perkebunan kelapa sawit milik petani, maka perusahaan perkebunan sebagai mitra petani, secara nyata turut membantu program pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan.

Kendati tak pernah mudah pada awalnya, guna mengajak partisipasi masyarakat sekitar dalam bermitra bersama perusahaan perkebunan kelapa sawit. Silang pendapat, perbedaan pandangan dan perbedaan latar belakang komunitas, sering menjadi batu sandungan dalam melakukan kolaborasi kerjasama antara petani dan perusahaan perkebunan kelapa sawit.

Biasanya, kerjasama perusahaan perkebunan dengan petani kelapa sawit dapat dilakukan, melalui beberapa pola pendekatan yang berbeda. Antara lain, pola pendekatan dengan petani yang sudah berkelompok dan petani yang masih bekerja secara individu, memiliki pola pendekatan kerja yang sangat berbeda.

Petani yang sudah terlebih dahulu berkelompok, atau sudah pernah memiliki pengalaman sebagai mitra perusahaan perkebunan palawija atau kelapa sawit, seringkali lebih kritis dalam berdiskusi membahas pola kerjasama yang dilakukan. Secara nyata, par

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img