img

SALAT NUSA, SURGA YANG DIRINDUKAN ORANGUTAN

Fokus | 08 July 2017 , 06:03 WIB | Read : 1058 | Atep Yulianto Irawan
img

Upaya melepasliarakan orangutan kini terkendala kawasan hutan lindung yang mulai terbatas. Pencarian lahan baru pun dilakukan, salah satunya inisiatif dilakukan BOSF berkolaborasi dengan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk, pulau Salat pun ibarat surga yang dirindukan orangutan.

Tak jauh dari kota Palangkaraya, berjarak sektitar 28 Km, terdapat pusat rehabilitasi orangutan yang dikelola Boreno Urangutan Survival Foundation (BOSF) bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya  Alam (BKSDA) di Kalimantan Tengah, dikenal dengan kawasan rehabilitasi orangutan Nyaru Menteng, berlokasi di Kelurahan Tangkiling, Kecamatan Bukit Batu, Kotatamadya Palangkaraya.

Nyaru Menteng memiliki luas lahan sekitar 466 ha pada tiga lokasi berbeda namun masih saling berdekatan yakni Nyaru Menteng 1 seluas 68 ha, Nyaru Menteng 2 seluas 98 ha dan Nyaru Menteng 3 seluas 300 ha, dimana sebanyak 448 individu orangutan sedang melakukan rehabiltas. Dimana masing-masing lokasi itu digunakan untuk proses tahapan rehabiltasi hingga orangutan dianggap mampu untuk bisa dikembalikan di hutan bebas.

Merujuk informasi dari BOSF, saat ini individu orangutan yang sedang dilakukan rehabilitas sebanyak 55% merupakan individu pejantan, sementara terdapat 23 individu orangutan yang masih kondisi bayi dibawah umur 3 tahun, serta sekitar 60% umurnya telah mencapai 7 tahun.

Tutur Manajer Nyaru Menteng, Denny Kurniawan, sudah banyak individu orangutan yang telah siap untuk dilepasliarkan. Sebelumnya BOSF masih mengandalkan pulau pra pelepasliaran yang dimilliki yakni Pulau Kaja, Bengawat dan Palas.

Namun sayang, tiga lokasi pra pelepasliaran itu telah penuh dengan individu orangutan, sementara mulai banyak individu orangutan lainnya yang sudah siap untuk dilepasliarkan, hanya saja belum ada areal untuk kawasan pelepasliaran individu orangutan.

Padahal individu orangutan itu mesti segera dilepasliarkan, lantaran idealnya pusat rehabilitasi orangutan di Nyaru Menteng hanya mampu menampung sebanyak 300 individu orangutan, namun saat ini orangutan di Nyaru Menteng telah ada sekitar 

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img