img

Perundingan FTA Pakistan-Indonesia Lanjut Bentuk Komite Negosiasi

Berita Utama | 12 August 2017 , 06:53 WIB | Read : 1056 | Administrator
img

InfoSAWIT, JAKARTA – Indonesia dan Pakistan sepakat untuk membentuk Joint Negotiating Committee (JNC). Kesepakatan ini dicapai saat Pertemuan ke-3 Komite Bersama Review Indonesia- Pakistan Preferential Trade Agreement (IP-PTA) yang berlangsung pada 10—11 Agustus 2017 di Jakarta. Pada pertemuan ini, Delegasi Indonesia dipimpin oleh Dirjen Perundingan Perdagangan Internasional Kemendag Iman Pambagyo, sementara Delegasi Pakistan dipimpin oleh Joint Secretary for Foreign Trade, Ministry of Commerce of Pakistan Taimur Tajammal.

"Pertemuan ke-3 Review IP-PTA berhasil menyelesaikan beberapa isu strategis dan kedua negara sepakat membawa PTA ke tingkat yang lebih tinggi. Salah satu hasil keputusan pertemuan adalah pembentukan Joint Negotiating Committee (JNC) yang nantinya akan membahas perluasan cakupan IP-PTA," jelas Iman.

Pertemua pertama JNC, lanjut Iman, akan dilakukan dengan membahas modalitas, batasan waktu (timeframe), dan penjajakan indikasi permintaan/penawaran kedua negara.

 

"Kedua negara memiliki komitmen kuat untuk memperluas dan memperdalam akses pasar di kedua negara yang tetap berdasarkan pada prinsip saling menguntungkan. Indonesia menghargai semangat kerja sama yang muncul dalam pertemuan review ini. Diharapkan keputusan untuk memperluas PTA ini dapat mengoptimalkan potensi ekspor masing-masing negara,” ungkap Iman.

 

Pada pertemuan review ini juga dibahas isu-isu strategis yang diangkat pada pertemuan sebelumnya yang berlangsung Februari 2017 lalu di Islamabad, Pakistan. "Isu-isu strategis tersebut antara lain akses pasar produk kelapa sawit, hortikultura, importasi daging sapi, dan isu pengamanan perdagangan (trade remedy) kertas Indonesia," imbuh Iman.

 

Menurut Iman, review ke-3 ini penting untuk menentukan apakah kedua negara akan melakukan ekspansi pendalaman perjanjian dengan menambahkan pertukaran beberapa tambahan pos tarif. "Syarat untuk melakukan perluasan adalah menyelesaikan isu dagang dan menegaskan kembali komitmen kerja sama ekonomi yang berkesinambungan dan saling menguntungkan,” tegas Iman.

 

Pertemuan ke-3 Komite Bersama Review IP-PTA ini menjadi pertemuan review terakhir sebelum kedua negara melangkah ke perundingan perluasan cakupan IP-PTA. Pertemuan Komite Bersama berikutnya akan dilaksanakan bersamaan dengan pertemuan pertama JNC pada Februari 2018 di Islamabad, Pakistan.

 

Sekilas Indonesia-Pakistan PTA

Indonesia-Pakistan Preferential Trade Agreement (IP-PTA) ditandatangani di Jakarta pada 3 Februari 2012 setelah menyelesaikan enam putaran perundingan. Implementasi IP-PTA dimulai pada 1 September 2013. Sejak itu, Indonesia dapat menikmati tarif preferensi untuk 313 pos tarif (HS 2012) produk ekspor ke Pakistan. Sementara Pakistan mendapatkan tarif preferensi untuk 232 pos tarif (HS 2012) produk ekspor ke Indonesia.

 

Implementasi IP-PTA telah berhasil meningkatkan nilai ekspor perdagangan Indonesia ke Pakistan. Ekspor Indonesia ke Pakistan pada periode 2012-2016 mengalami pertumbuhan sebesar 11,61% dan surplus perdagangan tumbuh sebesar 15,16% pada periode yang sama.

 

Penurunan tarif untuk produk-produk ekspor andalan Indonesia telah meningkatkan daya saing produk Indonesia di Pakistan terutama untuk produk minyak kelapa sawit. Selain itu, implementasi IP-PTA juga meningkatkan pangsa pasar Indonesia di Pakistan. Hal ini tercermin dari posisi Indonesia sebagai negara pengekspor ke Pakistan yang meningkat secara signifikan dari peringkat ke-10 pada tahun 2013 menjadi peringkat ke-3 pada tahun 2016.

 

Berdasarkan amanat pasal 7 Perjanjian IP-PTA, Indonesia dan Pakistan dapat melakukan review implementasi IP-PTA untuk mengkaji dampak IP-PTA di masing-masing negara. Pertemuan pertama Joint Committee Review IP-PTA dilaksanakan di Jakarta pada 14-15 Agustus 2016 dan pertemuan kedua dilaksanakan di Islamabad pada 15-16 Februari 2017. (T2)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img