img

KEBUN SAWIT MENDUKUNG EKONOMI RAKYAT

Editorial | 15 August 2017 , 06:31 WIB | Read : 971 | Ignatius Ery Kurniawan
img

INDUSTRI MINYAK SAWIT NASIONAL DI INDONESIA, MERUPAKAN JENIS USAHA YANG MEMBERIKAN KEUNTUNGAN BESAR BAGI PEREKONOMIAN NASIONAL. BERAWAL DARI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT YANG TERSEBAR DI SELURUH PULAU-PULAU BESAR DI INDONESIA, TANAMAN KELAPA SAWIT MAMPU TUMBUH DENGAN MENGHASILKAN PRODUKTIVITAS TERBAIKNYA.

Perkebunan kelapa sawit sebagai industri hulu kelapa sawit, memang menyerap tenaga kerja yang lumayan besar. Sebagai gambarannya, setiap hektar luas perkebunan kelapa sawit membutuhkan 0,35 tenaga kerja. Bila suatu perusahaan akan membuka perkebunan kelapa sawit baru seluar 5.000 hektar, maka dibutuhkan 1.750 tenaga kerja baru.

Besarnya kebutuhan tenaga kerja bagi perkebunan kelapa sawit, juga berasal dari berbagai tingkatan lulusan pendidikan formal dan non formal. Hampir setiap orang yang berusia produktif dapat bekerja di perkebunan kelapa sawit. Lantaran, tingkat keahlian dan kepandaian tenaga kerja yang dibutuhkan juga berbagai macam dan tingkatan.

Semisal kebutuhan tenaga kerja perawatan tanaman dan tenaga kerja untuk panen tandan buah segar (TBS), yang kebutuhannya cukup besar. Biasanya, kebutuhan tenaga kerja ini tidak terlalu menyaratkan tingkat pendidikan yang terlalu tinggi bagi pelamar kerja, melainkan, lebih memprioritaskan keberadaan tenaga kerja yang berasal dari masyarakat di sekitar perkebunan kelapa sawit beroperasi.

Sehingga, hampir seluruh masyarakat di sekitar perkebunan kelapa sawit beroperasi, dapat terlibat aktif bekerja di perkebunan kelapa sawit milik perusahaan. Bagi, masyarakat yang memiliki lahan perkebunan, juga dapat terlibat dengan menjadi mitra perusahaan perkebunan kelapa sawit. Thus, perkebunan kelapa sawit yang dibangun di daerah pelosok dapat melibatkan sebagian masyarakat yang berada di sekitarnya.

Melalui keterlibatan masyarakat sekitar perkebunan kelapa sawit tersebut, maka secara nyata, perkebunan kelapa sawit berperan aktif meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah pelosok. Melalui aktivitas bekerja dalam perusahaan perkebunan, maka masyarakat yang terlibat aktif sebagai tenaga kerja perkebunan kelapa sawit, mengalami peningkatan kesejahteraan hidup.

Kesejahteraan hidup ya . . .

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img