img

INDUSTRI BENIH SAWIT NASIONAL ASA KEMBALI BERJAYA

Fokus | 15 August 2017 , 07:35 WIB | Read : 1048 | Atep Yulianto Irawan
img

Ketatnya kebijakan pengembangan perkebunan kelapa sawit nasional, tak pelak berdampak pada permintaan benih sawit unggul yang terus melorot dalam kurun lima tahun terakhir. Masihkah ada peluang permintaan benih sawit akan kembali melonjak?

Pada dasarnya kemunculan berbagai regulasi yang ketat untuk sektor perkebunan kelapa sawit bertujuan baik, supaya industri kelapa sawit nasional tidak terjerumus pada praktik budidaya yang serampangan, alias didorong kepada praktik budidaya yang tidak merusak lingkungan dan tetap menjaga habitat hewan yang dilindungi.

Dorongan ini bisa dibilang sebagai imbas dari masyarakat dunia yang semakin peduli terhadap praktik budidaya yang ramah lingkungan, dengan alasan supaya dunia tidak dihadapkan pada masalah lingkungan yang serius.

Namun demikian bagi pelaku kelapa sawit, munculnya regulasi ketat justru telah mendorong sikap kehati-hatian dalam mengembangkan perkebunan kelapa sawit. Hasilnya, banyak perusahaan menunda untuk melakukan penanaman pohon kelapa sawit di lahan baru, mereka pun lebih memilih untuk melakukan kegiatan peremajaan perkebunan kelapa sawitnya.

Ini tentu bertolak belakang dengan pelaku sawit dari kalangan petani atau individu, yang masih akan terus membuka lahan baru, tetapi angkanya belum bisa diketahui pasti lantaran dilakukan secara sporadis dan terkadang tidak terlaporkan kepada lembaga pemerintah terkait.

Menurut catatan InfoSAWIT, dalam lima tahun terakhir pertumbuhan luasan areal perkebunan kelapa sawit nasional terus menurun, jika di tahun 2012 pertumbuhan areal baru perkebunan kelapa sawit masih mencapai 12,4%, maka di tahun 2016 melorot menjadi tumbuh hanya sekitar 3,1%.

Melambatnya pertumbuhan luas area

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img