img

PENGARUH PENGUTIPAN BUSA TERHADAP PENGGUNAAN CALCIUM CARBONATE (CACO3) PADA UNIT CLAYBATH

Info | 15 August 2017 , 06:50 WIB | Read : 748 | Istianto Budhi Rahardja, S.T
img

Claybath adalah unit alat pemisah dengan menggunakan media cair yang dicampur dengan zat lain. Prinsip  yang digunakan untuk pemisahan basah ini yakni memisahkan dua material yang berbeda dengan perbedaan berat  jenis  (BJ)  dari  material  yang  dipisahkan.  Menurut  Naibaho  (1998), menyatakan  bahwa  inti  sawit  (palm  kernel)  mempunyai  berat  jenis  1,07 sedangkan  cangkang  (shell)  1,15-1,20.  Maka  untuk  memisahkan  kernel dan shell dibuat BJ suspensi 1,12 sehingga inti mengapung dan cangkang tenggelam.

Berat jenis suspensi adalah suatu besaran tanpa satuan dan dimensi serta merupakan perbandingan relative antara kerapatan bahan dengan air. Air murni bermassa jenis 1000 kg/m³ pada suhu 4°C. Nama lain dari berat jenis  suspensi  adalah  specific  gravity  (SG),  diukur dengan  alat  ukur hydrometer.

Ada  beberapa  zat  yang  dapat  digunakan  sebagai  campuran  air dalam pemisahan basah kernel dengan shell pada unit claybath. Beberapa diantaranya yaitu :

1.   liat   putih,   jenis   ini   sangat   sulit   untuk   didapat   di   areal perkebunan kelapa sawit.

2.   Kaolin,  memiliki  warna  dan  kualitas  yang  baik,  akan  tetapi  harganya tinggi.

3.   Calcium  Carbonate  (CaCO3),  jenis  ini  paling  banyak  digunakan  oleh pabrik  kelapa  sawit  karena  mudah  didapat  dan  harganya  terjangkau diketahui   pada   saat   pengadukan   dihentikan   maka    CaCO3   akan mengendap dan sangat sulit untuk diaktifkan kembali.

 

Umpan yang masuk ke dalam unit c

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img