img

KEMBANGKAN PRODUK TURUNAN CPO

Cermin | 15 August 2017 , 06:52 WIB | Read : 1074 | Kris Hadisoebroto
img

Produk turunan CPO yang memiliki berbagai keunggulan seperti terbarukan, anti iritasi dan ramah lingkungan, telah mampu memenuhi berbagai tuntutan konsumen yang peduli akan kelestarian alam dan lingkungan sekitarnya. Melalui pengembangan industri turunan CPO, maka berbagai produk yang diinginkan konsumen itu dapat terpenuhi.

Sebagai hasil produk olahan dari Pabrik Kelapa Sawit (PKS), CPO diproses kembali di refineri (pabrik minyak goreng). Melalui proses olahan di refineri, maka CPO dapat dijadikan minyak goreng. Secara bersamaan, refineri juga menghasilkan produk turunan lainnya seperti stearin dan Palm Fatty Acids Distillate (PFAD) yang dapat digunakan sebagai bahan baku industri biodiesel dan oleokimia.

Industri biodiesel yang dikembangkan di Indonesia merupakan salah satu industri hijau yang bertujuan untuk menghasilkan energi terbarukan. Pasalnya, melalui pembangunan industri biodiesel, maka keamanan akan sumber energi nasional, dapat terbantu secara langsung melalui ketersediaan biodiesel berbahan baku minyak sawit.

Selain itu, keunggulan utama penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar terbarukan, sangat ramah lingkungan bagi lingkungan sekitar. Secara langsung, minyak sawit juga berkontribusi mengurangi polusi udara. Sehingga, minyak sawit akan membantu kehidupan umat manusia dalam menciptakan kondisi lingkungan yang bebas akan bahan bakar ber-timbal.

Memang masih banyak pro dan kontra terhadap penggunaan biodiesel sebagai bahan bakar terbarukan. Namun, secara nyata, minyak sawit mampu dijadikan minyak bahan bakar yang memiliki kualitas pencemaran terhadap lingkungan jauh lebih rendah dibandingkan berbasis petroleum. Sehingga mimpi banyak orang akan energi terbarukan yang ramah lingkungan dapat terwujud.

Selanjutnya, industri oleokimia yang menggunakan bahan baku dari turunan CPO, juga mampu menghasilkan produk antara yang digunak

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img