img

Dibutuhkan Bibit 118 Juta Kecambah Untuk Peremajaan Sawit

Berita Lintas | 16 August 2017 , 06:58 WIB | Read : 680 | Administrator
img

InfoSAWIT, JAKARTA Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Bambang mengatakan, program peremajaan kebun kelapa sawit rakyat harus terencana. Saat ini, setidaknya terdapat 2,40 juta hektare (ha) lahan kebun kelapa sawit rakyat yang mendesak diremajakan.

"Kalau setiap tahun direncanakan peremajaan 100-200 ribu ha, tentu bisa cepat selesai. Apalagi, kalau bisa 300 ribu ha per tahun, lebih cepat lagi. Tapi, memang tidak bisa mendadak, harus dengan perencanaan dan persiapan sepenuhnya," kata Bambang di Jakarta, belum lama ini.

Untuk mendukung upaya peremajaan, ketersediaan bibit dibutuhkan. Bambang memperkirakan, sebanyak 118 juta kecambah bibit kelapa sawit terserap hingga akhir 2017, melonjak dari realisasi 2016 yang mana bibit kelapa sawit yang tersalur tercatat sebanyak 77,23 juta kecambah.

 

"Saat ini, tercatat ada 15 produsen bibit kelapa sawit di Indonesia dengan total kapasitas menghasilkan 250 juta bibit setiap tahunnya. Untuk 1 ha sekitar 150 batang," kata Bambang seperti dilansir beritasatu.com.

 

Di sisi lain, Bambang mengatakan, pemerintah berencana meremajakan 20.780 ha kebun sawit rakyat dengan menggunakan dana Badan Pengelola Dana Pungutan Kelapa Sawit (BPDP Sawit) 2017.

 

Dalam waktu dekat, Sumatera Selatan merupakan lokasi yang diperkirakan segera menikmati program peremajaan tersebut. “Kami melakukan upaya-upaya agar realisasi peremajaan ini bisa segera terlaksana. Sementara menunggu proses admin-istrasi pencairan anggarannya, kami memetakan daerah mana saja yang siap, termasuk ketersediaan dan kesiapan benihnya. Di satu sisi, harus dipahami peremajaan tidak hanya sekedar membagi-bagi Rp 20 juta. Tapi, harus memperhatikan kesiapan petani, termasuk secara kelembagaan," kata Bambang. (T3)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img