img

MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN JADI JARGON DI PASAR RUSIA

Ekspose | 11 September 2017 , 06:20 WIB | Read : 991 | Atep Yulianto Irawan
img

Pada awal Agustus 2017 lalu, Kementerian Perdagangan beserta asosiasi dan perusahaan dari sektor kelapa sawit melakukan misi diplomasi ke Rusia. Misi diplomasi ini guna mengenalkan lebih jauh bahwa produk minyak sawit asal Indonesia diperoleh dengan cara-cara yang ramah lingkungan.

Pada kesempatan itu Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyampaikan kepada pelaku usaha di Rusia bahwa produk sawit Indonesia merupakan produk yang sustainable, healthy dan bersih. Semua produk sawit Indonesia mulai penanaman sampai produksi hilirnya telah mengikuti Standar RSPO, ISPO dan ISO.

Lebih lanjut tutur Enggartiasto, bahwa pengelolan industri minyak sawit Indonesia berpedoman pada praktik agraria yang baik (Good Agricultural Practices). Apalagi semenjak tahun 2011 Indonesia telah membuat regulasi Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO) yang bersifat mandatori (wajib) bagi semua perusahaan, sebagaimana komitmen Indonesia dalam mengikuti protokol kesepakatan yang telah ditanda tangani dalam COP 21- Paris tentang pengurangan emisi gas rumah kaca  terutama dari sektor  Perkebunan.

Upaya serius di bidang Sustainability selain penerapan program ISPO, juga zero waste management dengan memanfaatkan POME (Palm Oil Mill Efluent) menjadi bahan bakar energy bio-mass ataupun mejadi bio-fertilizer dan lain sebagainya.

Sementara dikatakan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (LBBP RI) untuk untuk Rusia, M. Wahid Supriyadi, tujuan dari Forum Bisnis Untuk Sawit ini didasarkan pada fakta bahwa Rusia merupakan mitra perdagangan Indonesia yang potensial  khususnya untuk minyak sawit. “Rusia merupakan salah satu pasar minyak sawit yang penting untuk Indonesia. Ekspor minyak sawit Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun serta potensinya masih sangat besar untuk ditingkatkan,” jelas Dubes Wahid Supriyadi.

Contohnya, ekspor minyak sawit Indonesia ke Rusia meningkat setiap tahunnya dan pada tahun 2016 lalu ekspor

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img