img

Pengaruh Pengutipan Busa Terhadap Penggunaan Calcium Carbonate (Caco3) Pada Unit Claybath

Info | 11 September 2017 , 06:21 WIB | Read : 744 | Administrator
img

Operasional   dari   unit   claybath   adalah   dengan   mensirkulasikan suspensi  CaCO3  dari  bak  reservoir  menuju  bak  pemisah  dan  kemudian suspensi akan turun kembali ke bak  reservoir secara  over flow dan under flow. Masing-masing  keluaran   akan  membawa   material   terpisah   yang berupa wet kernel dan wet shell. Wet kernel akan keluar melalui over flow, sedangkan  wet  shell  melalui  under  flow.  Setiap  keluaran  akan  ditiriskan menggunakan vibrating screen  dengan ukuran mesh 10.

Suspensi  CaCO3 akan turun menuju bak reservoir, sedangkan material akan dilanjutkan ke proses berikutnya. Berkaitan dengan sifat CaCO3 yang mudah  engendap jika   didiamkan,   maka   pada   bak   reservoir   dipasang   stirrer   dengan kecepatan 7 rpm.

CaCO3  adalah  bahan  kimia  berbentuk  serbuk  dan  berwarna  putih dengan    pH basa    rendah  berkisar 9.    CaCO3   diperoleh    melalui penambangan batu kapur yang kemudian diolah hingga  terbentuk serbuk.

Ukuran dari serbuk CaCO3 sangat bervariasi sesuai dengan fungsionalnya. Ukuran dari serbuk CaCO3 dinyatakan dengan satuan mesh. Sebagai salah satu  contoh  adalah  ukuran  mesh  200  dan mesh  400  yang digunakan  oleh industri  PMKS. 

Dalam melaksanakan pengambilan busa CaCO3 unit   claybath mempunyai beberapa tujuan, diantaranya, ingin mengetahui pengaruh yang terjadi di dalam proses claybath  dan ingin mengetahui persentase CaCO3 yang dapat diperoleh. Apakah mengalami  penghematan pemakaian CaCO3 ataukah mengalami pemborosan pemakaian CaCO3 setelah melakukan pengutipan busa.

Minyak merupakan salah satu kontaminan yang dapat menurunkan SG suspensi CaCO3. Semakin cepat SG suspensi turun, maka penggunaan CaCO3 semakin banyak yang ditandai dengan seringnya    operator menambahkan  serbuk  CaCO3  ke  dalam  bak  reservoir.  Oleh  karena  itu percobaan untuk melakukan penelitian pengutipan busa pada permukaan bak reservoir  di  pagi  hari.  

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img