img

TINGKATKAN NILAI TAMBAH CPO

Cermin | 11 September 2017 , 06:23 WIB | Read : 1075 | Kris Hadisoebroto
img

Seringkali pembangunan industri selalu identik dengan besarnya modal yang harus tersedia. Lantaran teknologi industri yang digunakan seringkali harus berasal dari negara-negara maju yang sudah berkembang riset dan teknologinya. Bahkan, seringkali pula, besaran modal yang sulit didapat, menjadikan pengembangan industri tak berhasil dilakukan.

Sebab itu, pembangunan industri turunan CPO, seharusnya melihat dari berbagai perspektif yang bisa menunjang keberadaannya. Tak semata berlandaskan modal saja, melainkan harus mampu melihat potensi pasar domestik besar di dalam negeri, sebagai tantangan yang harus bisa terpenuhi melalui pembangunan industri nasional.

Dalam skala tertentu, memang pihak pelaku usaha swasta, sudah banyak yang berani memulai pembangunan industri hilir CPO di beberapa daerah. Namun, kecenderungannya, pihak swasta masih sangat terbatas kemampuan pengembangannya, karena harus menyiapkan segala sesuatunya dari awal. Dimana, batasannya kembali kepada modal yang dimiliki, sehingga selalu kurang maksimal.

Pentingnya, peranan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam melihat berbagai potensi di daerah, harusnya juga memiliki peranan besar dalam mengembangkan industrinya. Termasuk industri turunan CPO yang dapat dimulai, melalui peranan daerah-daerah sentral penghasil CPO. Lantaran, sebagai daerah penghasil CPO, Pemerintah Daerah (Pemda) juga memiliki kepentingan besar untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di wilayahnya.

Melalui ketersediaan bahan baku sebagai potensi awal, juga dapat melihat potensi lainnya, seperti laju pertumbuhan penduduk, peningkatan nilai ekonomi, ketersediaan seumber energi, infrastruktur jalan dan sebagainya. Berbagai potensi besar yang dimiliki daerah itulah, menjadi bagian dari kekuatan Pemda dalam menyusun dan mengembangkan potensi daerahnya dalam membangun industri.

Bila merujuk kepada Indonesia bagian barat, seperti Sumatera Utara, dimana awalnya mengalami pertumbuhan pesat akan pembangunan perkebun

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img