img

PT Kayung Agro Lestari Kelola 2 Konservasi Orangutan

Berita Utama | 14 September 2017 , 10:38 WIB | Read : 1046 | Administrator
img
Salah satu areal konservasi orangutan yang dikelola PT Kayung Agro Lestari

InfoSAWIT, Matan Hilir – Lantaran ditemukannya sarang orangutan pada awal pengembangan perkebunan kelapa sawit pada 2009 lalu, maka dua areal yang berlokasi di dalam Hak Guna Usaha (HGU) PT Kayung Agro Lestari, anak usaha PT Austindo Nusantara Jaya Tbk., dijadikan areal konservasi orangutan. Kedua areal tersebut masing-masing seluas 657 ha dan 2.330 ha, berlokasi di Kecamatan Matan Hilir Utara, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Langkah ini merupakan komitmen manajmen PT Austindo Nusantara Jaya Tbk., dalam menerapkan kebijakan lingkungan ketat, dan sesuai dengan misi perusahaan yang memegang teguh tiga prinsip yakni profit, people dan planet.

Dikatakan Manager Konservasi Wilayah Barat  PT Austindo Nusantara Jaya Tbk, Nardiyono, sebelumnya areal yang seluas 657 ha bakal digunakan sebagai areal perkebunan kelapa sawit, hanya saja lantaran diketemukan sarang orangutan maka pengembangan di lokasi tersebut pun dihentikan dan sepakat dijadikan areal konservasi orangutan.

Hingga saat ini pada areal konservasi seluas 657 ha diperkirakan terdapat orangutan sebanyak 24 individu, sementara di areal 2.330 ha terdapat sebanyak 102 individu. Pada tahun 2015 lalu PT KAL bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Ketapang dan Yayasan Internasional Animal Rescue Indoensia (YIARI), telah pula melakukan kegiatan tranlokasi sebanyak 11 orangutan dari lahan masyarakat.

Kini kabarnya lahan seluas 2.330 ha itu bakal diajukan untuk dijadikan lahan Kawasan Ekosistem Essensial (KEE), kata Nardiyono, saat ini pengajuan itu sedang dilakukan untuk segera diterbitkan SK dari Bupati Ketapang. “Cara ini untuk memastikan pengelolaan kawasan konservasi menjadi lebih pasti, dan memiliki kekuatan hukum yang pasti,” tandas dia. (T2)

 

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img