img

Masyarakat Di dorong Jangan Buka Lahan Dengan Membakar

Berita Lintas | 08 October 2017 , 06:47 WIB | Read : 1061 | Administrator
img

InfoSAWIT, TANA PASER  -  Masih banyaknya warga yang membuka lahan dengan cara membakar, membuat Camat Paser Belengkong, Ibnu Mansyah prihatin. Pasalnya, warga masih berpikir kalau membuka lahan dengan cara membakar adalah tradisi turun temurun. Padahal, sudah ada aturan terkait larangan membuka lahan dengan cara membakar lahan.

Ibnu mengaku, akhir-akhir ini hampir setiap hari dihadapkan permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang dilakukan warga. Karena warga justru berpegangan, bahwa membakar hutan tidak selayaknya dilarang karena sudah menjadi tradisi di Paser.

“Saya bilang ke mereka, jangan bawa-bawa nama suku. Kita ini sama-sama orang Paser, dan setahu saya membakar hutan itu bukanlah tradisi walaupun memang sejak dulu sudah dilakukan. Tapi jangan lupa, sekarang sudah ada aturannya, jika terbukti membakar hutan akan berhadapan dengan hukum,” tegas Ibnu,dikutip prokal.co, belum  lama ini.

Membuka lahan, sambung Ibnu, tidak harus membakar. Bisa dibabat seperti yang pernah dilakukan warga pada tahun 1988 silam. “Pernah ada warga yang mohon izin kepada saya untuk membakar lahannya seluas 50 hektare, dan saya memberi pemahaman kalau membuka lahan tidak boleh dengan cara membakar karena sudah ada aturannya,” jelasnya. (T3)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img