img

Gubernur Kalteng Tinjau Kebun Bibit Buah Desa Bukit Batu Binaan BGA Group

Berita Lintas | 10 October 2017 , 06:53 WIB | Read : 1066 | Administrator
img
Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran (berkaos putih)

InfoSAWIT, PUNDU - Kebun bibit buah-buahan di Desa Bukit Batu, Kecamatan Cempaga Hulu yang merupakan wilayah binaancorporate social responsibility (CSR)  PT Windu Nabatindo Lestari (BGA Group) dikunjungi oleh Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran, beserta jajaran Kepala Dinas terkait, seperti Dinas Tanaman Pangan, Dinas Kehutanan, dan lainnya di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kunjungan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dari perayaan Hari Ketahanan Pangan Sedunia (HPS) (tingkat provinsi) yang berlangsung selama 3 hari kedepan sejak dimulai hari 8 Oktober 2017. Kebun bibit buah-buahan tersebut dinilai cukup berhasil dalam menerapkan pertanian berbasis teknologi hortikultura oleh Dinas Tanaman Pangan setempat ketika dilakukan kajian survei awal.

"Lokasi agribisnis (kebun buah-buahan dan bibit) ini merupakan wadah  untuk masyarakat dalam mempelajari pertanian Hortikultura. Tersedia gazeebo dan perpustakaan agribisnis sederhana dari BGA Group untuk digunakan sebagai sarana meningkatkan pengetahuan di bidang hortikultura ini. Semoga kebun buah-buahan dan bibit ini bermanfaat bagi masyarakat setempat." ujar Head of Corp Affair, BGA Wilayah Kalteng, Zainal Mustofa, dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT.

Selain itu, kebun ini juga menjadi sarana bagi siswa dan siswi SMK Pertanian di Kecamatan Pundu untuk magang, maupun praktik bertani buah-buahan, termasuk juga menjadi sarana masyarakat kelompok tani setempat untuk mempelajari horti farm. Dengan demikian, diharapkan, kebun buah bisa dikembangkan lebih luas.

Cara demikian, tentu saja, diharapkan bakal menjadi salah satu upaya dalam mengatasi ketergantungan pasokan buah dari pulau Jawa dan sekitarnya, sehingga masyarakat disekitar Kabupaten Kotawaringin Timur tidak kekurangan pasokan buah. Mereka bisa pula meningkatkan pemenuhan gizi masyarakat. Petani kelapa sawit yang juga mengembangkan kebun buah, bisa menambah penpatan masyarakat.  

Merujuk informasi dari perusahaan, kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pengenalan di bidang teknologi yang terkait dengan sektor swasta dengan menampilkan display teknologi bidang hortikultura dalam upaya perwujudan ketahanan pangan yang berada di Desa Pundu, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur.

Kegiatan Hari Pangan Sedunia tersebut dipusatkan di Kantor Dinas Ketahanan Pangan dan Pelaksanaan Hari Pangan Sedunia Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2017 di Kabupaten Kotawaringin Timur dengan melibatkan semua stakeholder dan CSR perusahaan yang ada di kabupaten tersebut. Kegiatan ini juga bertujuan untuk, pertama, sebagai wahana untuk mempromosikan seluruh potensi dibidang pertanian, kehutanan perikanan dan kelautan.

Kedua, memberikan wawasan dan motivasi kepada seluruh pelaku agribisnis dan agroindustri untuk mewujudkan ketahanan pangan dengan kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan meminimalkan dampak buruk yang ditimbulkan untuk peningkatan kualitas kehidupan seluruh lapisan masyarakat.

Acara puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-37 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2017. Sedangkan pameran dan bazar dilaksanakan pada tanggal 10 s/d 11 Oktober 2017 (dilaksanakan H-2 sebelum – sampai acara puncak) dan dilaksanakan di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur dengan tema “Sukseskan Program Kalteng Berdaulat Pangan, Untuk Menuju Kalimantan Tengah BERKAH".

Peringatan HPS ini diikuti oleh kurang lebih 700 orang, terdiri dari institusiBupati/Walikota dan dinas se-Kalimantan Tengah, seperti, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan, serta asosiasi terkait pertanjan seperti TP-PKK dan HKTI/KTNA.

Acara puncak kegiatan ini akan dipusatkan di Provinsi Kalimantan Barat sebagai tuan rumah, dan tentu, segala sesuatunya harus dipersiapkan sedini mungkin, walaupun pelaksanaannya masih beberapa bulan kedepan.

Hari Pangan Sedunia diperingati dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan perhatian penduduk dunia akan pentingnya penanganan masalah pangan, baik ditingkat nasional, regional, maupun global. Penyelenggaraan peringatan Hari Pangan Sedunia merupakan konsekuensi (hal yang wajib) karena keikutsertaan Indonesia sebagai anggotaFood  and Agriculture Organization(FAO) atau organisasi pangan dunia. Acara ini diselenggarakan lintas departemen dan sebagai vocal point FAO di Indonesia. Menteri Pertanian memutuskan Departemen Pertanian sebagai leading institution (departemen utama) dalam penyelenggara Hari Pangan Sedunia. (T2)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img