img

Petani Sawit: Berharap Semua Bisa Ikut Peremajaan

Berita Lintas | 10 October 2017 , 06:53 WIB | Read : 1061 | Administrator
img
Karsidi, petani sawit desa Sengkaharak

InfoSAWIT, SENGKAHARAK - Setelah sekian tahun bergelut dengan kesulitan, Karsidi (55) asal Purworejo sudah mulai bisa tersenyum  lantaran kini ada pengharapan baru dengan adanya kemitraan dengan Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group. 

Adanya kegiatan peremajaan kebun sawit milik petani di Desa Sengkaharak, kian membuat masyarakat percaya bahwa membangun kemitraan bakal memperbaiki tingkat ekonomi petani yang sebelumnya morat marit.

Namun demikian, tutur Karsidi, tidak mudah juga mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan peremajaan kelapa sawit karena ada saja warga masih mempertahakan kebunnya dengan alasan, masih berproduksi tinggi. Padahal kebun tersebut ditanam pada periode 1992/1993. “Kami akui, koperasi juga banyak mengalami kendala dalam mengajak warga untuk kegiatan peremajaan sawit ini,” katanya kepada InfoSAWIT di Desa Sengkaharak belum lama ini.

Lebih lanjut, kata Karsidi, banyak pertanyaan diajukan oleh warga mengenai kegiatan peremajaan ini. Diakuinya, itu wajar apalagi masyarakat di Desa Sengkaharak pernah memiliki pengalaman buruk dalam membangun kemitraan dengan perusahaan.

Sebab itu, kata Karsidi, pihaknya akan terus berusaha sehingga seluruh warga bisa ikut kegiatan peremajaan kelapa sawit. Jika tertinggal, itu resiko bagi masing-masing warga. “Harapannya, kita bisa merawat kebun bersama, melakukan kredit bareng sehingga lebih nyaman. Kkalau perlu, lunas bareng,” tandas Karsidi. (T2)

 

Lebih Lengkap, Baca InfoSAWIT edisi Agustus 2017

http://www.infosawit.com

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img