img

BISNIS SAWIT UNTUNG, MASYARAKAT JUGA SENANG

Editorial | 18 October 2017 , 06:24 WIB | Read : 1046 | Ignatius Ery Kurniawan
img

SEBAGAI BAGIAN DARI KOMODITAS GLOBAL, MINYAK SAWIT MENTAH (CPO) DIGUNAKAN SEBAGAI MINYAK MAKANAN DAN NON MAKANAN. LUASNYA PENGGUNAAN CPO SEBAGAI BAHAN BAKU, MENJADI POTENSI UTAMA AKAN KEBERADAANNYA DI PASAR DUNIA. KENDATI MENDAPAT BANYAK KECAMAN DARI AKTIVIS SOSIAL DAN LINGKUNGAN DI DUNIA, NAMUN KEBERADAAN PERKEBUNAN KELAPA SAWIT SECARA NYATA MAMPU MENUMBUHKAN KESEJAHTERAAN BAGI RAKYAT INDONESIA.

Memang sebagian besar rakyat Indonesia masih terlibat sebagai petani kelapa sawit, lantaran kemampuan yang dimiliki masih serba terbatas. Rendahnya kemampuan, keahlian dan pendidikan sebagian besar rakyat Indonesia, menjadi titik awal dari keterlibatannya dalam membangun perkebunan kelapa sawit nasional.

Namun, keterbatasan tersebut tidak boleh dijadikan alasan utama dari rendahnya kepemilikan lahan perkebunan kelapa sawit nasional yang hingga dewasa ini, masih banyak dimiliki oleh perusahaan-perusahaan asal luar negeri. Lantaran, keberadaan minyak sawit merupakan komoditas global yang memang sangat menarik untuk dimiliki pebisnis kelas dunia.

Itulah sebabnya, tak hanya petani, geliat perusahaan nasional juga masih sangat terbatas dalam mengembangkan industri sawit nasional. Lantaran, keberadaan minyak sawit sebagai komoditas global, sangat dominan diperebutkan oleh banyak pengusaha kelas dunia.

Besaran modal, luasnya akses jaringan pasar dan tingginya keahlian dan teknologi menjadi parameter utama bagi pelaku usaha bisnis minyak sawit. Jika ingin menjadi pemenang dalam bisnis minyak sawit, maka semakin tinggi kemampuan usahanya, maka bisa terus mengembangkan industri sawit yang telah dimilikinya.

Kompleksitas bisnis global juga harus dikuasai, lantaran dalam perdagangan internasional, banyak persoalan yang juga harus digeluti. Tak hanya semata kemapuan akan produksi bahan baku dan produk, namun dalam manajemen tata niaga, infrastruktur dan politik ekonomi juga harus mumpuni. Maka, tak heran, bila persaingan bisnis minyak sawit tak hanya berasal dari luar, melainkan juga dari dalam bisnis minyak sawit itu sendiri.

Jika bisnis minyak sawit . .. .

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img