img

REPLANTING DUKUNG KESEJAHTERAAN PETANI KELAPA SAWIT

Profil | 18 October 2017 , 06:32 WIB | Read : 1046 | Ignatius Ery Kurniawan
img

KOMITMEN AKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN JUGA BERASAL DARI DAERAH KABUPATEN MUSI BANYUASIN, PROVINSI SUMATERA SELATAN. PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN YANG TELAH MENJADI KOMITMEN ITU, JUGA MENDAPAT DUKUNGAN DARI BERBAGAI PIHAK, SEPERTI PENGUSAHA DAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT (LSM).

Program landskap berkelanjutan yang bertujuan untuk menopang program sustainability development milik Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Musi Banyuasin, juga mendapat dukungan The Trade Initiative (IDH) dan Zoologi Sosiality London (ZSL), sehingga menjadi proyek percontohan di Indonesia.

Kawasan Batanghari Leko dan Lalan di Kabupaten Musi Banyuasin menjadi tempat dilakukannya proyek percontohan tersebut. Lantaran masih terbilang baru, proyek percontohan diharapkan dapat segera selesai dan bisa dilakukan di berbagai daerah yang tersebar di Indonesia.

Kendala besar yang dihadapi, termasuk persoalan hukum agraria terkait kepemilikan lahan. Dimana secara legal, banyak persoalan agraria yang harus dicarikan solusinya. Sebab itu, dibutuhkan sertifikasi yuridiksi oleh pemerintah, untuk mengisi kekosongan legal yang berpotensi menjadi polemik di kemudian hari.

“Kami akan bicarakan mengenai sertifikasi yuridiksi kepada petani, RSPO dan ISPO, sehingga dapat menjadi yang pertama di dunia,” ujar Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex menjelaskan.

Menurut Dodi, petani kelapa sawit harus diperkuat melalui keberpihakan Pemda akan keberadaannya, sehingga mendapat banyak dukungan masyarakat luas dan kepastian dalam berusaha. Lebih lanjut, dapat pula mengembangkan potensi ekonomi masyarakat lainnya di sekitar perkebunan kelapa sawit.

Program selanjutnya, yang akan dilakukan Pemda Musi Banyuasin dan didukung Badan Pengembangan Dana Perkebunan (BPDP) juga berupa aksi replanting. Melalui perusahaan perkebunan kelapa sawit sebagai mitra petani, diharapkan mampu mendorong peningkatan kesejahteraan petani di kemudan hari.

 

Replanting Ribuan Hektar.

Rencana akan dilakukannya replanting kebun sawit, sudah melalui proses panjang dan kali pertama bagi BPDP-KS dalam melakukan program kerja replanting lahan petani kelapa sawit. Biaya replanting petani akan mendapatkan bantuan  . . .

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img