img

INFO CWE - SOLUSI KEBUTUHAN SDM SAWIT NASIONAL

Info | 18 October 2017 , 06:33 WIB | Read : 1047 | Atep Yulianto Irawan
img

PERTUMBUHAN INDUSTRI KELAPA SAWIT NASIONAL TERCATAT SANGAT PESAT NAMPAK DARI TERUS BERTAMBAHNYA AREAL LAHAN PERKEBUNAN. KONDISI DEMIKIAN JUSTRU MENDONGKRAK KEBUTUHAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) YANG MUMPUNI DI SEKTOR INI. UNTUNGNYA POLITEKNIK KELAPA SAWIT CWE TELAH HADIR DENGAN PROGRAM STUDI YANG FOKUS DAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI, YANG SIAP MEMENUHI KEBUTUHAN PASOKAN SDM KELAPA SAWIT NASIONAL.

Bagi Indonesia, peran kelapa sawit sangatlah penting. Perlu diakui, industri kelapa sawit nasional telah menyejahterakan jutaan rakyat Indonesia. Fakta juga menunjukkan bahwa minyak sawit adalah satu-satunya komoditi non migas Indonesia yang menempati posisi strategis.

Sayangnya, di tengah derap kemajuan industri, pasokan tenaga-tenaga terampil untuk mengelola kebun, pabrik, serta logistik kelapa sawit, bisa dikatakan masih kurang. Konsentrasi membuka lahan baru, tidak diimbangi sumber daya manusia yang memadai. Hingga saat ini, masih banyak perusahaan kelapa sawit di Indonesia yang justru menggunakan tenaga asing ketimbang  kekuatan bangsa sendiri.

Sebagai produsen kelapa sawit terbesar di dunia, sungguh mengherankan jika Indonesia justru kekurangan ahli dan tenaga terampil di kelapa sawit. Padahal, peluang yang lahir dari industri kelapa sawit, baik berbentuk CPO ataupun produk olahannya, sangatlah besar.

Berangkat dari keprihatinan atas situasi yang ada, sejumlah pengusaha dan praktisi industri kelapa sawit, beserta sejumlah pengusaha serta praktisi sumber daya manusia terdorong untuk mendirikan sebuah institusi pendidikan tinggi di bidang kelapa sawit. Maka didirikanlah Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (Poltek CWE).

Saat ini, Politeknik Kelapa Sawit CWE telah memiliki 3 (tiga) program studi, yakni: program studi Budidaya Kelapa Sawit, program studi Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit, dan program studi Manajemen Logistik. Ketiga program studi tersebut berjenjang Diploma III, berakreditasi B oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN PT) untuk seluruh program studi.

Pengembangan politeknik ini senantiasa menitikberatkan pada praktek kerja nyata di kebun dan pabrik secara langsung. Politeknik Kelapa Sawit CWE adalah pendidikan tinggi vokasi yang mendidik dan melatih mahasiswanya untuk menjadi tenaga kerja perkelapasawitan yang andal, siap pakai dan siap kerja, untuk memasok kebutuhan industri kelapa sawit nasional.

Politeknik Kelapa Sawit CWE adalah solusi untuk menambal jurang kekosongan antara kebutuhan tenaga-tenaga terampil dengan pertumbuhan industri kelapa sawit. Lantas, Politeknik Kelapa Sawit CWE bukan semata hadir tanpa memberi output yang bermutu. Sebagai politeknik pertama di Indonesia yang memfokuskan diri di pendidikan tentang kelapa sawit, Politeknik Kelapa Sawit CWE adalah pilihan bagi mereka yang ingin terjun ke industri kelapa sawit yang kian berkembang ini. Mengapa?

Politeknik Kelapa Sawit CWE memiliki sejumlah keunggulan yang bisa menjadi pertimbangan, terutama bagi calon-calon mahasiswa yang tertarik terjun ke industri kelapa sawit:

 

Studi yang Fokus

Setiap sekolah atau perguruan 

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img