img

Strategi Buka Kebun Sawit Ala Kamsen Saragih

Berita Lintas | 19 October 2017 , 06:39 WIB | Read : 1047 | Administrator
img
Direktur PT Inti Sawit Lestari, Kamsen Saragih

InfoSAWIT, JAKARTA - Pembangunan perkebun kelapa sawit saat ini telah memiliki dampak positif bagi masyarakat sekitar, namun terkadang tidak sedikit pula masyarakat yang curiga bahkan menolak kehadiran perkebunan kelapa sawit, ini terjadi akibat salah urus perusahaan perkebunan sebelumnya.

Sebab itu sebelum membuka kebun sawit ada strategi yang harus dilakukan. Dituturkan Direktur PT Inti Sawit Lestari, Kamsen Saragih, supaya bisa lancar membangun kebun di wilayah remote area pertama kali yang harus dilakukan ialah membuat mapping, yang berfungsi guna mengetahui kondisi suatu desa yang lokasinya berdekatan dengan areal perkebunan yang akan dibangun.

Mapping ini kata Kamsen dari pegalaman yang didapatnya, biasanya data-data berupa mata pecaharian masyarakat, pendididikan, umur hingga tokoh masyarakatnya. Biasanya mapping rampung dilakukan selama 3 bulan. 

Jika sudah melakukan mapping, maka pembangunan kebun bisa dilakukan dibarengi dengan melakukan pendekatan ke masyarakat. “Membangun kebun itu ada seninya,” tutur dia.

Kamsen pun berpesan bagi generasi muda yang hendak menjadi seorang planters, selain harus memahami ilmu perkebunan yang bisa didapat dari sekolah jurusan pertanian atau perkebunan, juga mempersiapkan metal yang ada dalam dirinya. “Harus tahan menghadapi tekanan masyarakat, harus cerdik dan cerdas, bisa membaca situasi, menyenangi alam, serta tidak cengeng ,” tandas Kamsen. (T2)

 

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img