img

Politeknik Kelapa Sawit CWE Terapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi

Berita Lintas | 10 November 2017 , 06:28 WIB | Read : 1048 | Administrator
img

InfoSAWIT, JAKARTA - Berdiri sebagai pendidikan tinggi vokasi yang mengkhususkan diri pada industri kelapa sawit, Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (Polteknik Kelapa Sawit CWE) menyadari harapan orang tua, mahasiswa, juga kalangan industri. Orang tua menginginkan anaknya menjadi terampil dan bisa langsung masuk kerja begitu selesai kuliah. Begitu pula dengan mahasiswa yang bersangkutan. Mereka ingin ilmu yang ditimbanya semasa kuliah, bisa langsung dipraktikkan di dunia kerja, tidak menunggu waktu yang lama.

Hal yang sama juga berlaku untuk perusahaan kelapa sawit. Mereka ingin mendapat pasokan sumber daya manusia yang bisa langsung beradaptasi dengan dunia kerja, tidak lagi mesti diajari yang tentunya itu memakan waktu, tenaga, serta biaya.

Menyadari harapan yang besar di kalangan stakeholders-nya, Politeknik Kelapa Sawit CWE akhirnya melihat bahwa semuanya akan berpulang pada kurikulum. Hebat tidaknya mutu mahasiswanya, salah satu yang utama akan bergantung pada kurikulum yang mereka pelajari semasa kuliah.

Karena hal tersebut, kurikulum Politeknik Kelapa Sawit CWE dibuat dengan mengacu pada standar industri kelapa sawit nasional, serta selalu diperbarui dengan mengikuti perkembangan mutakhir. Kemudian, menyadari harapan stakeholders, terutama perusahaan kelapa sawit yang menginginkan lulusan yang siap pakai dan siap terjun ke industri, maka kurikulumnya dibuat dengan sentuhan praktik di lapangan yang lebih besar, bukan semata penguasaan teori yang berbasis metode klasikal. Kurikulum yang dikembangkan berbasis pada pendekatan know how dan know-why.

Dengan sentuhan kurikulum berbasis kompetensi seperti itu, maka mahasiswa pun menjadi paham apa sesungguhnya kelapa sawit serta industri kelapa sawit itu sendiri. Mereka jadi memahami, mulai dari sisi hulu hingga hilirnya, dari A ke Z industri kelapa sawit.

Kedepan,  lulusan dari Politeknik Kelapa Sawit CWE tidak hanya memperoleh ijazah Diploma III, melainkan juga akan dibekali dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang berbentuk Sertifikat Profesi, sebagai tanda bahwa lulusan Politeknik Kelapa Sawit CWE telah tersertifikasi sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Sertifikasi profesi di bidang perkebunan kelapa sawit saat ini sedang dalam proses implementasi pengesahannya di Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). (T2)

 

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img