img

September, Ekspor Minyak Sawit Indonesia Melorot 7,5%

Berita Utama | 12 November 2017 , 06:11 WIB | Read : 1048 | Administrator
img
Palabuhan ekspor

InfoSAWIT, JAKARTA – Merujuk informasi dari Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki), pada September 2017 ekspor minyak sawit Indonesia (tidak termasuk biodiesel dan oleokimia) menurun sekitar 7,5% dibandingkan bulan sebelumnya atau hanya mencapai sebanyak 2,76 juta ton.

Kendati demikian volume ekspor ini masih tinggi bila dibandingkan dengan trend ekspor di sepanjang tahun 2017. Kata Sekjen Gapki, Togar Sitanggang, hal ini menunjukkan bahwa pasar minyak sawit masih terus bergeliat lantaran kurangnya pasokan dari minyak nabati lainnya di pasar global.

Tercatat India dan China masih terus mengisi stok minyak nabati di dalam negerinya yang mulai menipis kendati pada September ini ada penurunan permintaan dari China dan India masing-masing 17,5% dan 17%. Secara volume impor kedua negara tujuan utama ekspor minyak sawit Indonesia ini masih tinggi yaitu masing-masing mencatatkan permintaan di September ini sebesar 370,47 ribu ton dan 650.75 ribu ton.

Di lain pihak, beberapa negara tujuan ekspor minyak sawit Indonesia mencatatkan peningkatan permintaan pada bulan September yang cukup tinggi adalah negara-negara Timur Tengah yang naik 26%, dan Pakistan melonjak 9%. “Sementara itu negara-negara Uni Eropa hanya membukukan kenaikan permintaan pada September ini sebesar 1%,” catat Togar, dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT. (T2)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img