img

Perkuat Perdagangan, Indonesia di KTT APEC 2017 Sepakat Dengan Lima Negara

Berita Lintas | 13 November 2017 , 06:12 WIB | Read : 1048 | Administrator
img
Foto Kemendag

InfoSAWIT, JAKARTA - Di sela KTT APEC 2017, Menteri Perdagangan Enggartiarto Lukita,  telah melakukan pertemuan bilateral dengan lima negara, yaitu Selandia Baru, Jepang, Hong Kong, Australia, dan Papua Nugini.

Pertemuan Mendag dan Menteri Perdagangan dan Pertumbuhan Ekspor Selandia Baru, David Parker membahas perkembangan perjanjian perdagangan ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement (AANZFTA), dan rencana pertemuan Joint Ministerial Commission di awal tahun 2018. Isu lain yang dibahas adalah peluang pasar produk buah tropis asal Indonesia untuk dapat masuk ke pasar Selandia Baru.

Sementara itu dengan Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang, Hiroshige Seko, keduanya membahas perkembangan perjanjian ASEAN-Japan Comprehensive Economic Partnership (AJCEP), terutama terkait sengketa investasi agar dapat mencapai penyelesaian yang saling menguntungkan bagi negara-negara anggota.

Selanjutnya dengan Sekretaris Perdagangan dan Pembangunan Ekonomi Hong Kong, Edward Yau Tang-Wah, Mendag membahas finalisasi Free Trade Aggrement, Financial Service, serta peran Hong Kong sebagai hub bagi ekspor produk-produk Indonesia.

Pertemuan Mendag dan Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia, Steven Ciobo membahas perkembangan perjanjian IA-CEPA dan beberapa poin penting yang masih harus didiskusikan kembali pada pertemuan selanjutnya.

Terakhir dengan Menteri Luar Negeri dan Perdagangan Papua Nugini, Rimbink Pato, Mendag membahas peningkatan perdagangan kedua negara serta permintaan dukungan keketuaan Papua Nugini pada APEC 2018.

Dalam keterangan resmi yang diterima InfoSAWIT, Mendag juga melakukan pertemuan dengan perusahaan multinasional, yaitu Nike, Jhonson & Jhonson, General Electric (GE). Dengan Nike, Mendag membahas berbagai peluang, informasi, dan masukan terkait perdagangan di Indonesia.

Dengan Jhonson & Jhonson Asia Tenggara, Mendag utamanya membahas terkait isu sertifikasi halal dan prosedurnya, peluang perdagangan terutama di bidang kesehatan, serta sistem pengadaan barang secara online (E-procurement) di Indonesia. (T2)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img