img

Kalau Tidak Sejahtera, Mana Bisa Kebakaran Dicegah

Berita Lintas | 14 November 2017 , 06:44 WIB | Read : 1049 | Administrator
img

InfoSAWIT, JAKARTA - Untunglah kejadian kebakaran lahan dan hutan di 2016 hanya sedikit ataumenurun drastis dibandingkan tahun 2015 lalu, yang tercatat cukup hebat ditambah bersamaan dengan adanya musim kering El-nino.

Kejadian ini patut disyukuri. Di tahun 2016 ini banyak pula dibantu dengan musim hujan yang cukup panjang. Sebelumnya kejadian kebakaran ini acap berulang semenjak kebakaran tahun 1997/1998.

Deputi Menko Bidang Koordinasi Pangan dan Pertanian, Musdhalifah Machmud mengatakan, dari kejadian tersebut pemerintah kerap fokus pada upaya pemadaman kebakaran. Namun setelah dilakukan analisa, pemerintah sepakat untuk tidak lagi fokus pada upaya pemadaman kebakaran, namun lebih mendorong upaya pencegahan kebakaran dengan melibatkan masyarakat.

Kendati Musdhalifah mengakui, manusia tidak akan bisa lepas dari api. Namun jika api itu membesar dan tidak terkendali maka menjadi bencana bagi manusia. “Sebab itu api patut dikendalikan, salah satuhnya dengan melakukan kerjasama pilot project membangun Desa Makmur Peduli Api. Alasannya jika hanya mengusung Desa Bebas Api namun masyarakatnya tidak sejahtera buat apa? Sebab itu Desa Makmur Peduli Api menjadi program baru yang didukung pemerintah tahun ini,” tandas dia kepada InfoSAWIT. (T2)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img