img

Petani Dihimbau Tak Gunakan Kecambah Sawit Abal-Abal

Berita Lintas | 15 November 2017 , 06:43 WIB | Read : 1051 | Administrator
img

InfoSAWIT, BANGKA – Akibat maraknya penjualan kecambah kelapa sawit palsu atau tidak bersertifikat di kalangan masyarakat petani, mendorong Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan membuat langkah strategis dan bekerjasama dengan pemerintah provinsi, kabupaten wilayah regional Sumatera dan Bangka Belitung guna mengajak petani sawit untuk dapat membedakan mana yang asli mana yang palsu.

Supervisor Bahan Tanaman Dari PPKS Medan, Bachtiar Habibullah Saragih, yang juga penanggungjawab wilayah Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung mengatakan, sekarang ini PPKS Medan bekerjasama Dinas Kehutanan dan Perkebunan provinsi, kabupaten dengan mempunyai program kelapa sawit untuk rakyat, dengan menyediakan bahan tanaman langsung dan asli.

"Sekarang ini, banyak isu yang beredar banyak kecambah sawit yang palsu, untuk yang asli, kita kerjasama dengan izin dulu, kita bawa SK dari Dirjenbun, oke, mereka welcome, dan koordinasi serta datang ke petani, atau bisa ke kontak saya langsung, dikoordinasikan dengan dinas setempat," ungkap Bachtiar melalui keterangan resmi.

Lebih lanjut kata Bachtiar, Program Sawit Rakyat (Prowitra) telah dimulai pada tahun 2013 yang lalu dan merupakan salah satu bentuk kepedulian pemerintah lewat PPKS untuk mendapatkan benih unggul legal. "Kita ini membantu petani karena dengan maraknya bahan tanaman kelapa sawit palsu atau ilegal akan berdampak pada rendahnya produktivitas perkebunan kelapa sawit rakyat dan dapat mencemaskan dan merugikan bagi petani," ungkap Bachtiar lagi.

Langkah ini merupakan salah satu strategi Dirjen Perkebunan untuk dapat menyentuh ke petani langsung. Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka yang diwakili Kepala Bidang Perkebunan, Subhan mengungkapkan kelapa sawit merupakan komoditas perkebunan yang masa panennya diatas 25 tahun. Untuk itu lanjut Subhan bagi petani yang mengusahakan kelapa sawit, yang perlu diperhatikan adalah masalah bibit. (T3)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img