img

Pabrik Sawit Mini PT KUS Riau Diduga Buang Limbah ke Sungai Batang Dosa

Berita Lintas | 15 November 2017 , 06:44 WIB | Read : 1048 | Administrator

InfoSAWIT,ROKAN HULU – Pabrik mini kelapa sawit (PMKS) milik PT. Kencana Utama Sejati (PT.KUS) yang beroperasi di Desa Tambusai Barat kecamatan Tambusai Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau diduga telah menbuang limbah cair ke Sungai Batang Dosa daerah Rokan Hulu dan Padang Lawas Sumatera Utara.

Perusahaan yang sudah beroperasi kurang lebih dua tahun ini diduga telah meresahkan masyarakat setempat dan tidak memberikan kontribusi yang nyaman kepada masyarakat.

Hal ini terbukti dibuktikan dengan satu keluarga yang merupakan warga desa Tambusai Barat harus menerima dan merelakan rumahnya tertimbun akibat erosi dari area pabrik PT. KUS.

Warga Desa Tambusai Barat Nusron Nasution (30) yang mengaku korban akibat tertimbun rumah idaman keluarganya itu terpaksa harus pindah dan kini tinggal dirumah kontrakan. “Saya merasa sangat terhina. Pihak PT KUS tidak ada rasa prikemanusiaan terhadap keluarga saya,” ujar Nusron kepada awak media beberapa minggu lalu, seperti dikutip abadikini.

Nusron juga mengatakan dirinya sudah minta ganti rugi dari PT KUS namun Perusahaan minta dengan haega yang sangat murah. “Saya sudah sampaikan kepada pihak perusahaan supaya tanah dan rumah saya diganti rugi saja, nanun pihak perusahaan menjawab kami siap ganti rugi tapi dengan harga Rp 30.000/M,” jelasnya.

Lebih lanjut Nusron menuturkan, dirinya tidak bersedia mengiyakan keinginan PT KUS karena menurutnya harga yang ditawarkan itu sangat tidak wajar. “Saya bersikeras harus pindah karena saya dan keluarga saya sudah tidak tahan untuk tinggal dirumah saya, itu lagi disamping sudah tertimbun oleh erosi juga limbah pabrik sering dibuang kesitu kalau sudah larut malam dan di musim hujan,” tuturnya. (T3)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img