img

Uni Eropa dan AS Hentikan Diskiriminasi Sawit

Berita Lintas | 15 November 2017 , 06:55 WIB | Read : 1046 | Administrator
img

InfoSAWIT, KUALA LUMPUR – Dikatakan CEO United Plantations Bhd, Datuk Carl Bek-Nielsen, Uni Eropa sudah semestinya menghentikan deskriminasi terhadap minyak kelapa sawit, dimana sebelumnya Uni Eropa telah memutuskan untuk tidak menggunakan biofuel dari sawit pada 2020.

Lebih lanjut tutur Datuk Carl Bek-Nielsen, cara demikian sejatinya justru akan berdampak pada petani kelapa sawit yang dominan menjadi pengelola perkebunan, dan merekalah yang semestinya mendapat bantuan. “Lantas bagaimana dengan 16 minyak nabati lainnya? Apakah melakukan hal yang sama? Uni Eropa telah membuat hambatan perdagangan dan harus segera disudahi,” katanya dalam International Palm Oil Congress and Exhibition 2017 (PIPOC 2017), Kemarin, Di Kuala Lumpur.

Menurut catatan Uni Eropa menjadi pengimpor minyak sawit terbesar kedua di dunia, dengan volume sekitar 7 juta ton minyak sawit, sementara Amerika Sekitar mengimpor minyak sawit sebanyak 1,2 juta ton. “Dengan demikian sebanyak 8,2 juta ton pasar minyak sawit menjadi pasar yang sensitif. Kami tidak bisa mengatakan lupakan saja dan kirim minyak sawit ke tempat lain, terlebih China dan India juga tidak bisa menyerap pasar itu,” katanya seperti dikutip Bernama.

Disaat muncul dorongan untuk penerapan praktik budidaya berkelanjutan, Bek-Nielsen, juga mendorong para produsen consumer goods, retail dan Civil Society, untuk mendukung penggunaan dan pembelian minyak sawit berkelanjutan.

Dia bilang, produksi minyak sawit berkelanjutan yang telah memperoleh sertifkat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) sebanyak 12 juta ton, sementara permintaan minyak sawit berkelanjutan itu hanya sekitar 6 juta ton. “Ini telah meruntuhkan kepercayaan produsen. Pembeli semestinya lebih memiliki komitmen sesuai dengan batas yang telah ditentukan, jangan batas itu hanya diperuntukan bagi pelaku perkebunan saja,” tandas dia. (T2)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img