img

Ratih Si Pembuat Sabun Berbahan Dasar Cangkang Sawit

Berita Lintas | 20 November 2017 , 06:06 WIB | Read : 1055 | Administrator

InfoSAWIT, SAMARINDA – Berawal dari diskusi dengan Balai Riset dan Standardisasi Industri (Baristand) Samarinda, Ratih pun akhirnya mampu mengembangkan limbah cangkang sebagai scrub sabun mandi. Caranya dengan diarangkan dan dihaluskan sebelum dicampur dalam adonan sabun mandi.

“Arang tersebut berfungsi menyerap sel kulit mati secara alami. Dan Baristand sangat mendukung saya untuk memanfaatkan hasil penelitian mereka. Tak hanya sabun arang cangkang sawit, ada varian sabun mandi daun bidara, dan sabun beras. Saya juga berinovasi dengan membuat sabun zaitun, madu, serta susu,” jelas alumnus Politeknik Akademi Kimia Analisis (AKA) Bogor tersebut seprti dikutip Prokal.

Tak sembarang cara membuat sabun, diperlukan takaran yang tepat dalam penggunaan bahan dasar. Sebagai lulusan AKA Bogor, hal itu memudahkan Ratih membuat produknya sendiri. Walau begitu, dia harus melakukan percobaan hingga puluhan kali, sampai mendapatkan hasil sabun yang bagus. Bermodal Rp 500 ribu, saat ini cukup banyak peminat sabun herbal buatannya.

“Respons pasar sangat bagus. Kadang saya malah tidak bisa memenuhi pesanan, karena masih serba terbatas, dari bahan maupun tenaga kerja. Apalagi, cukup sulit mendapat bahan lain yang masih perlu memesan ke Pulau Jawa,” tutur bungsu dua bersaudara itu.

Usaha yang dijalani Ratih memang terbilang baru, dimulai dua tahun lalu. Dia sering mengikuti pameran dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produknya. Saat ini, fokus penjualannya baru lewat reseller.

“Awalnya saya hanya memproduksi sabun arang cangkang sawit, tapi karena warnanya yang hitam pekat, membuat sebagian orang seram. Tapi, itulah keunikan yang juga membuat orang tertarik. Kalau di pameran, saya lebih gencar mengenalkan sabun arang cangkang khas Kaltim tersebut,” pungkasnya. (T3)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img