img

NILAI TAMBAH PRODUK TURUNAN CPO

Editorial | 21 November 2017 , 06:04 WIB | Read : 1650 | Ignatius Ery Kurniawan
img

Industri oleokimia baru yang berlokasi di Kota Dumai ini, merupakan hasil kerjasama Sinar Mas dengan CEPSA. Sinar Mas merupakan produsen minyak sawit terbesar di Indonesia sedangkan CEPSA merupakan industri berbasis petroleum yang berasal dari Negara Spanyol, yang memiliki banyak pengalaman dalam perdagangan internasional akan produk turunan petroleum.

Dengan bergabungnya dua kekuatan besar itu, maka bisa dipastikan, minyak sawit tidak lagi menjadi bahan baku alternatif bagi pengembangan industri turunan petroleum. Setidaknya, bagi CEPSA, minyak sawit akan menjadi bahan baku utama untuk memproduksi berbagai produk turunannya, yang memiliki keunggulan utama akan produk terbarukan dan ramah lingkungan.

Pentingnya kerjasama strategis ini, juga mengikat secara penuh akan kontribusi bahan baku yang sepenuhnya akan disuplai dari perkebunan kelapa sawit milik Grup Sinar Mas. Sebaliknya, ketersediaan pasar akan produk fatty alcohol yang dihasilkan nantinya, akan dipasarkan secara luas oleh CEPSA, dengan fokus utama pemasaran produk kepada pasar Asia dan Uni Eropa.

Pabrik fatty alcohol yang berlokasi di Dumai ini, juga menggambarkan keseimbangan sejak awal. Dimana komposisi saham yang terbentuk juga terbagi menjadi dua sama besar alias 50:50. Dengan dana awal investasi yang telah dikucurkan untuk pembangunan pabrik fatty alcohol baru sebesar 300 juta Euro (sekitar Rp 4,77 Triliun).

Besarnya nilai investasi yang digunakan untuk membangun pabrik fatty alcohol baru ini, juga menggunakan teknologi yang terbilang masih baru dari Lurgi. Dimana, produksi fatty alcohol yang dilakukan akan memiliki produk samping berupa fatty acids dan gliserin. Secara umum, komposisi utama produksi yang akan dihasilkan berupa fatty alcohols sebesar 60%, fatty acids sebesar 20% dan gliserin sebesar 20%.

Kerjasama Sinar Mas CEPSA yang terbangun dari aliansi dua kekuatan baru ini, bisa digambarkan melalui kerja berkelanjutan hingga menghasilkan produk konsumsi. Dengan beroperasinya pabrik baru ini, maka Indonesia akan memiliki kekuatan tambahan baru industri ole . . .

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img