img

KEBUN SAWIT RIAU, SUPLAI MINYAK SAWIT BERKELANJUTAN

Fokus | 21 November 2017 , 06:09 WIB | Read : 1091 | Ignatius Ery Kurniawan
img

Lebih dari 25 tahun mengembangkan perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau, Sinar Mas memiliki perkebunan kelapa sawit yang sangat peduli kepada keadaan sosial dan lingkungan di sekitarnya. Tak hanya mengembangkan perkebunan milik perusahaan semata, melainkan juga mengembangkan perkebunan kelapa sawit milik petani.

Merujuk data milik perusahaan, hingga tahun 2017 ini, total luas lahan perkebunan kelapa sawit yang berada di Provinsi Riau seluas 84.755 hektar, dimana luas tanam kebun inti sebesar 50.054 hektar dan luas tanam kebun plasma sekitar 32.972 hektar. Dalam pengelolaannya, perkebunan kelapa sawit ini, bermitra dengan petani plasma kelapa sawit sebanyak 16.592 orang.

Luasan perkebunan kelapa sawit milik petani plasma ini, mencapai lebih dari 40% dari luasan perkebunan kelapa sawit yang dikelola perusahaan. Melalui pengembangan perkebunan kelapa sawit yang selalu bermitra dengan petani ini, diharapkan mampu mengembangkan berbagai potensi daerah di Provinsi Riau, sehingga menjadi berkembang.

Keberadaan perkebunan kelapa sawit Sinar mas V (PSM V), yang berlokasi di Provinsi Riau, tersebar di beberapa tempat, seperti Kabupaten Siak, Kampar, Indragiri hulu dan Indragiri hilir. PSM V juga memiliki 8 Pabrik Kelapa Sawit (PKS), dengan total kapasitas terpasang sebesar 450 Ton TBS/Jam, yang mampu menghasilkan produk CPO lebih dari 2 juta ton setiap tahunnya.

Selain PKS, PSM V juga memiliki 2 Pabrik pengolah inti kelapa sawit (PKM) yang memiliki total kapasitas terpasang sebesar 17,5 Ton PK/Jam. Sehingga mampu menghasilkan minyak kernel sekitar 84 ribu ton setiap tahunnya.

Pengelolaan Berkelanjutan

Pengelolaan PSM V juga selalu berlandaskan prinsip dan kriteria berkelanjutan, guna menghasilkan minyak sawit lestari. Sebab itu, PSM V telah mendapatkan pengakuan melalui sertifikasi internasional seperti Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) dan International Sustainability & Carbon Certification (ISCC), juga sertifikasi nasional seperti Indonesia Sustainable Palm Oil (ISPO).

Perkebunan kelapa sawit milik in . . .

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img