img

MENDUKUNG PERTUMBUHAN INDUSTRI HILIR SAWIT

Profil | 21 November 2017 , 06:12 WIB | Read : 1075 | Ignatius Ery Kurniawan
img

Airlangga Hartarto yang pada bulan Oktober ini genap berusia 55 tahun, memiliki catatan penting bagi pertumbuhan industri turunan minyak sawit di Indonesia. Bagi Airlangga, kehadiran industri nasional sangat penting, guna membuka lapangan kerja dan menghasilkan nilai tambah dari produk nasional. Seperti sumberdaya dari minyak sawit, yang potensial untuk dikembangkan menjadi produk turunan.

Sebagai penghasil minyak sawit mentah (CPO) terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi guna mengembangkan industri turunan nasional. Potensi penggunaan CPO sebagai bahan baku industri nasional, sangat besar peranannya bagi pertumbuhan industri minyak makanan dan non makanan. Dimana, pembangunan industri akan memiliki nilai tambah besar bagi pembangunan nasional.

Industri makanan yang menggunakan CPO seperti pabrik minyak goreng, juga telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat. Keberadaan industri minyak goreng, tak hanya dikonsumsi pasar domestik semata, melainkan juga telah menjadi bagian dari produk ekspor yang juga memberikan kontribusi besar bagi pendapatan devisa negara.

Tahun 2016 lalu, produksi CPO Indonesia telah mencapai lebih dari 36 juta ton, dimana serapan industri domestik telah mencapai sekitar 40% atau sekitar 12 juta ton. Tren konsumsi industri yang kian meningkat setiap tahunnya, juga menjadi indikator pertumbuhan bagi pembangunan industri hilir CPO di Indonesia.

“Minyak sawit sangat potensial untuk dikembangkan produk hilirnya di Indonesia,” kata Airlangga kepada media masa nasional, termasuk InfoSAWIT baru-baru ini.

 

Mendukung Hilirisasi

Guna menumbuhkan daya saing produk terutama CPO, menurut Airlangga Hartarto, juga dibutuhkan kerja keras dan pembangunan industri yang mumpuni. Pembangunan industri hilir sawit yang menjadi potensi domestik, juga harus terus dilakukan, un

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img