img

JALAN PANJANG 16 DESA MENGGAPAI HARAPAN

Info | 21 November 2017 , 06:14 WIB | Read : 1242 | Atep Yulianto Irawan
img

Pagi  itu cukup cerah bahkan sinar matahari begitu terik, jauh berbeda dibanding hari sebelumnya, dimana matahari seolah enggan muncul, yang ada justru hujan mengguyur bumi dengan deras.

Dibarengi dengan terus menyengatnya matahari, keramaian pun mulai terasa, masyarakat dari sekitar Kecamatan Sungai Melayu Rayak berduyun-duyun menyambangi pabrik baru itu, hanya sekadar untuk bisa melihat langsung operasional perdana pabrik pengolahan kelapa sawit yang baru saja rampung.

 Tidak terkecuali para aparatur desa dan kecamatan yang pula turut hadir untuk memenuhi undangan guna melihat secara langsung peresmian pabrik kelapa sawit Bukit Belaban Jaya Mill, yang berlokasi di Desa Sungai Melayu, Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat.

Pabrik berkapasitas 30 ton tandan buah segar (TBS) sawit per jam itu tidak hanya sekadar menjadi pabrik yang akan mengolah tandan buah segar menjadi minyak sawit, akan tetapi  pabrik itu telah menjadi harapan besar bagi petani sawit di 16 desa, yang ada di empat kecamatan, yakni Kecamatan Sungai Melayu Rayak, Kecamatan Tumbang Titi, Kecamatan Pemahan dan Kecamatan Nanga Tayap.

Sebelumnya, petani sawit di wilayah tersebut hampir sepanjang delapan tahun terakhir menjual tandan buah segar (TBS) sawitnya ke para tengkulak atau pengijon. Sebab kalaupun dipaksa untuk menjual langsung ke pabrik kelapa sawit, jaraknya cukup jauh.

Pabrik pengolahan kelapa sawit (PKS) terdekat jaraknya kurang lebih sekitar 75 km dari Kecamatan Sungai Melayu Rayak, dengan kondisi jalan yang tidak layak. Tentu saja, kondisi demikian menjadi sangat tidak menguntungkan bagi petani sawit.

Mengingat kondisi para petani beberapa tahun silam, Kepala Desa Pengatapan Raya, Toro, berharap dengan adanya pabrik kelapa sawit yang dibangun Bumitama Gunajaya Agro (BGA) Group ini bakal mampu mengembalikan kead

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img