img

MENINGKATKAN NILAI TAMBAH CPO DAN CIPTAKAN LAPANGAN KERJA BARU

Fokus | 21 November 2017 , 06:20 WIB | Read : 1268 | Ignatius Ery Kurniawan
img

“Pembangunan industri turunan minyak sawit ini, sebagai langkah penting bagi Sinar Mas dalam meningkatkan nilai tambah bagi industri minyak sawit nasional, sekaligus sebagi upaya untuk terus menciptakan lapangan kerja di Indonesia,” ungkap Chairman dan CEO Sinar Mas Agribusiness and Food, Franky Oesman Widjaja beberapa waktu lalu.

Ungkapan Franky Oesman Widjaja itu, bisa jadi merupakan pesan bagi seluruh pelaku usaha yang bergerak di industri minyak sawit global. Dimana, keberadaan minyak sawit mentah (CPO) juga sangat penting bagi pengembangan industri hilir di Indonesia. Kendati, kondisi dewasa ini, sebagian besar CPO masih dijual kepada pasar internasional atau ekspor.

Pasalnya, sebagai produsen CPO terbesar kedua di dunia, Sinar Mas merupakan korporasi besar yang sangat paham akan keberadaan bisnis pasar CPO global. Pergerakan bisnis CPO yang kian menggurita di pasar minyak nabati internasional, telah menyebabkan banyak pergeseran beberapa produk komoditas yang selama lebih dari ratusan tahun selalu merajai perdagangan pasar komoditas.

Dengan merangkul mitra usaha Cepsa, yaitu perusahaan energi terpadu dan terkemuka yang berpusat di Madrid, Spanyol. Cepsa merupakan perusahaan yang sejak lama sudah bergelut dalam produksi dan perdagangan berbagai produk berbasis petrokimia di pasar global. Salah satunya, produk surfactant berbasis Linier Alkine Benzena (LAB), yang berbasis petrokimia.

Keberadaan produk akhir berbahan baku surfactant berbasis LAB, seringkali menimbulkan persoalan pencemaraan air sungai, sehingga merusak ekosistim dan keberadaan sungai. Sebab itu, tuntutan konsumen akan produk surfactant yang ramah lingkungan dapat terjawab dengan kehadiran surfactant berbasis Linier Alkine Sulphonates (LAS) berbahan baku minyak sawit.

Menurut CEO CEPSA, Pedro Miro, bisnis patungan sebesar 50:50 dengan Sinar Mas, merupakan cerminan dari dua kekuatan yang dimiliki perusahaan. Sehingga, keberadaan industri fatty alcohol baru ini, diharapkan mampu menjadi industri global yang sukses dan berkembang.

Lebih jauh, Pedro juga men

. . . untuk selengkapnya dapat di baca di majalah infosawit di infosawit store atau berlangganan.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img