img

Kemitraan Sawit PT Musim Mas Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Berita Utama | 23 November 2017 , 06:58 WIB | Read : 1069 | Administrator
img

InfoSAWIT, PANGKALAN LESUNG - Perkebunan plasma kelapa sawit yang dibangunkan PT Musim Mas di Kelurahan Pangkalan Lesung Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan, Riau seluas 401 hektar atau untuk 200 KK masyarakat tempatan, membuat perekonomian masyarakat meningkat tajam.

Kebun yang dibangun sejak tahun 2005 itu, merupakan lahan masyarakat Pangkalan Lesung yang sebelumnya merupakan tanaman karet tua peninggalan dari para orang tua mereka terdahulu, yang hasil produknya pun sudah kurang memadai untuk menghidupi para pemiliknya. Demikian dituturkan Camat Pangkalan Lesung, Adnan saat dikonfirmasi Rabu (22/11) di ruang kerjanya.

Dikatakan Adnan, lahan kebun masyarakat Pangkalan Lesung itu sudah dibuatkan kesepakatan dan kerjasamanya untuk dijadikan kebun pola plasma atau Kredit Koperasi Primer Anggota (KKPA), sehingga dalam kesepakatan tersebut yang melakukan pengelolaan lahan, tanam hingga perawatannya sampai bisa diproduksi diserahkan kepada pihak PT Musim Mas, yang membuka kebun kelapa sawit sekitar 20.000 Ha sebagai kebun inti.

Menurut Camat Adnan, dalam kurun waktu sekitar 12 tahun ini, masyarakat yang mendapatkan kebun plasma itu, tingkat perekonomiannya jauh melejit jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya mereka mendapatkan kebun plasma itu,

“Bayangkan saja jika dirata ratanya pendapat masyarakat Pangkalan Lesung yang mendapatkan kebun plasma itu bisa mencapai Rp 7 hingga 9 juta per bulan, bahkan ada diantara mereka yang berpenghasilan mencapat Rp 11 juta per bulan,” terang Adnan seperti dikutip riaueditor.com.

Selain itu, sambung Camat yang pernah menjadi Lurah Pangkalan Lesung ini, pihak PT Musim Mas membangun koperasi bernama Sumber Air Panas di Lingkungan Tambun, Pangkalan Lesung, yang tujuannya mengkoordinir semua kebun kelapa sawit masyarakat diluar kebun plasma dan diluar HGU PT Musim Mas yang luasannya mencapai ribuan hektar, yang dibeli oleh PT Musim Mas dengan harga standart Pemprov Riau.

Karena harga beli PT Musim Mas jauh lebih tinggi dari nilai beli para agen/tengkulak setempat, maka masyarakat Pangkalan Lesung yang memiliki kebun sawit diluar plasma dan HGU itu tentu saja menjual hasil kebun sawitnya kepada pihak perusahaan melalui Koperasi Sumber Air Panas yang sudah bermitra dengan kedua belah pihak.

 

Dengan demikian, papar Adnan, secara umum tingkat perekonomian masyarakat Keluarahan Pangkalan Lesung ini memang betul betul terdongkak dan meningkat tajam, hal ini bisa dilihat secara sepintas yaitu pembangunan pemukiman penduduk berubah total menjadi bangunan modern, anak anak mereka bisa melanjutkan kuliahnya bukan hanya sampai di Pekanbaru saja, tapi sampai ke Pulau Jawa. (T3)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img