img

Investor Harus Perhatikan Masyarakat Dengan Bagi Hasil, Tegas Golkar Kutim

Berita Lintas | 23 November 2017 , 06:59 WIB | Read : 1066 | Administrator

InfoSAWIT, Kutai Timur - DPRD Kutai Timur (Kutim) mewacanakan pembentukan peraturan daerah (perda) untuk menggenjot bagi hasil dari industri, dengan harapan dapat menggenjot industri lokal. Dengan demikian, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mengurangi tingkat pengangguran.

Merujuk data Dinas Perkebunan Kaltim pada 2016, kebun sawit yang terdapat di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) memiliki luas 450 ribu hektare dengan jumlah produksi 5 juta ton, atau setara 16,9 ribu kilogram per hektare. Data industri perkebunan tersebut, industri vegetasi kebun kelapa sawit telah menyerap sebanyak 71,6 ribu tenaga kerja.

Program penghijauan pasca-aktivitas pertambangan melalui sektor pertanian dan perkebunan tengah gencar digarap di Kabupaten Kutim. Hanya saja, dari yang sudah berjalan sekarang, pengelolaannya belum berdampak banyak ke masyarakat sekitar lokasi industri vegetasi.

Ketua DPRD Kutim Mahyunadi mengatakan, perda tersebut nantinya akan menangani pembagian porsi hasil produksi vegetasi dari industri ke lapisan masyarakat yang berada di sekitar industri tersebut.

Mahyunadi lantas memberikan penjelasan, kelak, pada penerapan perda tersebut, investor perkebunan dapat menjual sawit kepada masyarakat lewat pemerintah yang diwakili perusahaan daerah (perusda atau BUMD). “Sawit tersebut selanjutnya akan menjadi bahan dasar industri lokal,” katanya dikutip kumparan.com.

Hal tersebut akan menjadi kewajiban bagi para pemodal yang mau berinvestasi di Kutim. Dengan demikian, Kabupaten Kutim dapat memperoleh manfaat lebih dari investasi mereka yang menggunakan lahan di Kutim sebagai ladang usaha. Hal tersebut diungkapkan oleh politisi Partai Golkar Kutim ini. Mahyunadi lalu memberikan kisaran angka estimasi. Beliau mengestimasikan, persentase “bagi hasil” itu mencapai 20 persen. (T3)

 

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img