img

Supaya Rendemen dan Bobot TBS Sawit Tinggi, Ini Rahasianya!

Berita Lintas | 05 December 2017 , 06:44 WIB | Read : 1110 | Administrator
img

InfoSAWIT, JAKARTA - Beragam cara untuk meningatkan produktivitas kelapa sawit, salah satunya dengan penggunaan PalMega. Merupakan penemuan teknologi baru guna mendapatkan buah sawit yang memiliki kandungan minyak tinggi dengan lebih sedikit berondolan jatuh. Tak pelak kandungan minyak dan bobot tandan meningkat.

Pesatnya perkembangan industri kelapa sawit telah mendorong munculnya beragam teknologi guna mendukung tetap tingginya produktivitas perkebunan kelapa sawit di Indonesia maupun dunia.

Hingga saat ini isu produktivitas masih menjadi tren, apalagi produktivitas kelapa sawit khususnya di Indonesia masih berpeluang untuk terus bisa ditingkatkan. Dikatakan Presiden Direktur PT Nufarm Indonesia, Alwi Assagaf, upaya peningkatan produktivitas menjadi tujuan dari semua pihak, terlebih untuk saat ini perkebunan kelapa sawit didorong untuk menerapkan budidaya secara intensifikasi.

Ini dilakukan lantaran semakin ketatnya regulasi untuk membuka perkebunan kelapa sawit baru, disamping ketersediaan lahan yang semakin terbatas. Belum lagi isu lingkungan yang masih saja tinggi.

Sejatinya peningkatan produktivitas bisa saja dilakukan dengan beragam cara, salah satunya dengan penggunaan zat pengatur tumbuh PalMega. Teknologi ini tutur Alwi Assagaf, bisa menjadi salah satu alternatif dalam upaya menggenjot produktivitas perkebunan kelapa sawit nasional. “Intensifikasi telah menjadi kunci utama dalam pengembangan perkebunan kelapa sawit, dibandingkan dengan cara perluasan,” katanya saat acara peluncuran produk PalMega di Jakarta, yang dihadiri InfoSAWIT, belum lama ini. 

Bila saja angka rendemen kelapa sawit bisa ditingkatkan maka akan bisa dibayangkan tambahan produksi minyak yang akan dihasilkan. Saat ini dari total lahan perkebunan kelapa sawit nasional mencapai 11,2 juta ha, sekitar 6 juta ha dikelola perkebunan besar swasta yang produksinya masih bisa ditingkatkan.

Dengan penggunaan PalMega, maka saat rendeman minyak naik sudah bisa ditebak hasil produksi bakal meningkat dan ada tambahan pendapatan triliunan rupiah bagi pelaku sawit. “Saya harap dengan teknologi ini bisa mewujudkan upaya meningkatkan produktivitas kelapa sawit, dan bisa memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kita semua,” katanya.

Produk PalMega ini tercatat merupakan hasil penelitian bertahun-tahun dari Valent Biosciences Corporation ,  dimana dalam kurun waktu sekitar 50 tahun terakhir telah menjadi pemimpin pasar dalam produk biorasional, yang juga telah digunakan di seluruh dunia termasuk PalMega, serta insektisida biorasional DiPel SC.

Head of Asia Pasific & General Manager Sumitomo Chemical (Asia Pasific) Pte. Ltd., Salman Mir mengungkapkan, produk PalMega merupakan teknologi baru yang secara khusus dibuat untuk industri perkebunan kelapa sawit.

Lantaran Indonesia merupakan produsen utama minyak sawit di dunia, dengan lahan kelapa sawit yang sangat luas, maka tutur Salman, pihaknya merasa perlu untuk mulai mengenalkan produk PalMega ke pasar Indonesia. (T2)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img