img

Pelita Samudra Ekspansi Bisnis ke Angkutan Minyak Sawit

Berita Lintas | 06 December 2017 , 06:42 WIB | Read : 1094 | Administrator
img

InfoSAWIT, JAKARTA – PT Pelita Samudera Shipping Tbk (PSSI) berencana memperluas usahanya ke sektor pengangkutan minyak kelapa sawit (crude palm oil) tahun depan. Sementara untuk saat ini perseroan menjalankan bisnis di sektor pengangkutan dan pemindahmuatan batu bara.

Presiden Direktur Pelita Samudera Shipping, Iriawan Ibarat, menyatakan perseroan menginginkan pengankutan komoditas di luar batu bara. Dia mengaku sudah ada pembicaraan untuk memperoleh kontrak pengangkutan minyak. “Untuk kontraknya nanti akan kami kabari,” katanya di Jakarta, Selasa, (5/12/2017), tulis Bareksa.

Saat ini Pelita Samudera memiliki komitmen mengangkut batu bara dari beberapa pelanggan besar, di antaranya PT Marunda Graha Mineral, PT Batubara Global Energy, PT Berau Usaha Mandiri, PT Mahakam Sumber Jaya, PT Trubaindo Coal Mining, PT Bumiraya Utama Lines, KCH Energy Co, dan Adani Global Pte.

Sementara itu, Pelita Samudera baru saja memperoleh dana segar sebesar Rp135,8 miliar melalui pelaksanaan penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham. Perseroan melepas sebanyak 1 miliar saham atau setara 20 persen dari modal disetor dengan harga pelaksanaan Rp135 per saham.

Rencananya, perseroan akan menggunakan sekitar 60 persen dari dana hasil IPO saham untuk belanja modal (capital expenditure/capex). Sementara sisanya, sebesar 20 persen akan digunakan untuk membayar utang bank dan 20 persen lainnya untuk membiayai modal kerja.

Iriawan menuturkan langkah IPO merupakan bagian dari strategi perseroan untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan di penyediaan jasa solusi logistik dan transportasi yang terintegrasi untuk para penambang dan pelaku usaha batu bara.

Perseroan akan secara berkesinambungan melakukan investasi di kapal tunda dan kapal tongkang dan fasilitas muatan apung, ekspansi di kapal besar (mother vessel) dan kapal tanker, serta diversifikasi usaha selain batu bara seperti pengangkutan minyak kelapa sawit. (T3)

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img