img

Sengketa Lahan PT DJL Dengan Masyarakat Lagi Dicarikan Solusi

Berita Lintas | 07 December 2017 , 06:26 WIB | Read : 1164 | Administrator

InfoSAWIT, TANJUNG REDEB – Permasalahan lahan antara warga Kampung Biatan Ilir dengan perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Dwiwira Jaya Lestari (DLJ) di Kecamatan Biatan hingga kini belum diselesaikan. Persoalan ini pun jadi perhatian Dewan Perwakilan Rakayat Daerah (DPRD) Berau.

Untuk menindaklanjuti lapaoran warga yang masuk terkait persoalan ini, DPRD Berau telah mengagendakan rapat dengar pendapat dengan memanggil pihak perusahaan dan instansi terkait untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Anggota DPRD Berau, Abdul Waris mengatakan, permasalahan ini telah sampai ke DPRD Berau. Berdasarkan informasi yang ia terima, saat ini terdapat kebun sawit seluas kurang lebih 300 hektere (ha) yang berada di luar hak guna usaha (HGU) PT DLJ. Tetapi, selama ini hasil panen kebun tersebut diambil oleh perusahaan. Hal ini pun membuat warga keberatan. Karena menurut mereka, kebun sawit tersebut berada di lahan warga atau milik desa.

“Lahan itu menjadi tanda tanya milik siapa. Karena berada di luar HGU. Sementara hasil panen diambil perusahaan,” kata Abdul Waris, tulis Prokalco belum lama ini.

Bahkan menurut informasi yang diterimanya, ada izin perusahaan yang sedang berproses untuk mengambil lahan sawit tersebut. Sementara di sisi lain, pemerintah melakukan moratorium. “Ini harus diklarafikasi oleh pemerintah. Makanya, selain mengundang pihak perusahaan, kami juga mengundang instansi terkait dan perwakilan masyarakat Biatan,” jelas anggota Komisi II DPRD Berau ini.

 

Lebih lanjut dikatakan Waris, persoalan ini juga disampaikan warga saat ia menggelar reses di Kecamatan Biatan. Masyarakat berharap agar pemerintah menyelesaikan masalah tersebut. Khususnya pihak perusahaan, diharapkan agar mengakomodasi keinginan warga. “Karena ini aspirasi warga, tentu kami akan fasilitasi,” ujar politikus Partai Demokrat ini. (T3)

 

. . . Dapatkan majalah infosawit berbentuk digital (e-magz) di infosawit store.

InfoSAWIT Store click here

Daftarkan email anda untuk mendapatkan berita infosawit terbaru.



Berita Terkait

Popular Post

img