Harga Minyak Sawit Sempat Melambung, Lampaui Minyak Nabati Sub Tropis

oleh -616 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT

InfoSAWIT, MUMBAI – Meningkatnya ketegangan di wilayah Laut Hitam, pada Maret 2022 Lalu, menjadikan minyak sawit sebagai minyak paling mahal di antara empat minyak nabati utama karena pembeli mencari alternatif untuk minyak bunga matahari, yang pasokannya telah terganggu karena penutupan pelabuhan akibat perang Rusia-Ukraina.

Invasi Rusia ke Ukraina telah menciptakan kekosongan pasokan minyak nabati global. Kekosongan ini akan sulit untuk diisi dalam waktu dekat. Krisis ini telah memperkuat tekanan biaya dan gangguan pasokan di seluruh dunia. Harga minyak sawit telah meningkat secara substansial sebagai respons langsung terhadap kemungkinan gangguan pasokan minyak bunga matahari.


Harga minyak sawit telah mencapai puncak baru, melampaui harga minyak nabati sub tropis seperti minyak kedelai. Beberapa minggu setelah pecahnya perang, rata-rata harga eceran minyak nabati di India seperti minyak kelapa sawit, minyak kedelai, dan minyak bunga matahari masing-masing naik 12,5%, 8%, dan 14,4%.

Menteri Keuangan India, Nirmala Sitharaman mengatakan, pemerintah sedang mencari sumber alternatif untuk mengimpor minyak bunga matahari karena pasokan telah terpengaruh akibat perang Rusia-Ukraina. Dia mengulangi rencana negara itu untuk membuat India mandiri dalam minyak nabati untuk menghindari gangguan pasokan di masa depan. Eksportir minyak nabati utama lainnya seperti Argentina, Kanada dan Ukraina juga telah melihat pengurangan pasokan dalam beberapa bulan terakhir, mengintensifkan ketegangan dan ketidakpastian di pasar minyak nabati. (T2)

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi Mei 2022

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com