Masyarakat Ujang Kia Sambut Panen Perdana Sawit Dengan Ritual Adat

oleh -403 Dilihat
infosawit
Dok. Istimewa

InfoSAWIT, BOVEN DIGOEL – Panen perdana kebun kelapa sawit masyarakat (plasma) di Divisi 15, Kampung Ujung Kia, Distrik Kia, Kab. Boven Digoel, Papua disambut sukacita oleh masyarakat setempat. Acara Derma (persembahan) adat dengan ritual yang dilakukan di blok tempat lokasi panen pun dilakukan sebagai simbol rasa syukur.

Panen perdana kebun kelapa sawit masyarakat melalui Koperasi Peran Serta Marga (PSM) ini berlangsung pada Selasa (20/9) lalu. Sejak pagi, warga dengan memakai pakaian adat beserta kelengkapannya telah berkumpul demi menyelenggarakan ritual ini. Acara Derma adat berlangsung dengan lancar dan meriah. Setelah itu acara berlanjut dengan pemotongan pita secara simbolis yang menandakan keberhasilan panen perdana kebun masyarakat.

“Dengan adanya kebun masyarakat ini kami selaku pemilik hak ulayat menjadi lebih produktif dalam mengelola hasil kebun kami melalui koperasi,” ungkap Ambrosius Yasi mewakili masyarakat pemilik hak ulayat dalam keterangan resmi diterima InfoSAWIT, Kamis (22/9/2022).

BACA JUGA: Perusahaan Sawit PT Tunas Sawa Erma Lakukan Kampanye Pelestarian Lingkungan

Kebun masyarakat merupakan bentuk kewajiban PT Tunas Sawa Erma (TSE) dalam memfasilitasi pembangunan lahan sawit plasma seperti yang telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) no. 26/2021 mewajibkan perusahaan perkebunan untuk menyampaikan laporan fasilitas pembangunan kebun masyarakat sekitar minimal satu tahun sekali kepada penerbit Perizinan Berusaha sesuai kewenangannya.

Acara panen perdana ini dihadiri oleh pihak perusahaan, pihak koperasi dan masyarakat selaku anggota koperasi, tokoh agama umat Katolik (pastor), dan pihak TRIPIDIS (pimpinan distrik, DANRAMIL dan Kapolsek). Sambutan suka citapun disampaikan dari pihak perusahaan yang diwakili oleh Kim In Woog selaku Direktur Tunas Sawa Erma.

BACA JUGA: Masyarakat Adat Minim Dilibatkan Dalam Perencanaan Penanggulangan Perubahan Iklim

“Hari ini merupakan panen perdana kebun sawit masyarakat yang berada di divisi 15, harapan dari pihak perusahaan dengan adanya kebun masyarakat ini semoga masyarakat terutama pemilik hak ulayat dapat meningkatkan perekonomiannya,” Tuturnya. (T2)


Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.