Harga Minyak Sawit Dipengaruhi Regulasi

oleh -1888 Dilihat
infosawit
Dok. Sawit Fest 2021/Hendra

InfoSAWIT, JAKARTA – Dalam prediksi yang dilakukan RHB Investment Bank Bhd (RHB) mencatat, sementara risiko regulasi masih ada, terutama untuk pelaku di Indonesia, kekhawatiran pasokan akan terus menghantui sektor ini selama sisa tahun 2022, mengingat masih adanya kendala logistik di Indonesia dan kekurangan tenaga kerja di Malaysia.

Penurunan harga CPO bisa saja terjadi, setelah melorot sebesar 44% dalam dua bulan terakhir yang jauh lebih besar daripada penurunan harga kedelai mencapai 31%, minyak mentah turun sekitar 17% dan gandum 16%.

“Bila diasumsikan kendala itu bisa teratasi di akhir 2022, dan bila Ukraina bisa mengekspor produk minyak nabatinya sesuai dengan kesepakatan yang telah ditandatangani, tahun 2023 akan terus menjadi tahun yang lebih baik untuk pemenuhan pasokan dan harga kemungkinan akan tetap di bawah tekanan, ” catatnya RHB Investment Bank Bhd.

BACA JUGA: RHB Research Prediksi Harga CPO RM 3.800 –RM 4.500 Per Ton

Meskipun demikian, RHB telah menurunkan asumsi harga CPO untuk tahun 2023 menjadi RM 3,900 per ton dari RM 4,300 sebelumnya.

Sebaliknya, Hong Leong Investment Bank Bhd terus mempertahankan perkiraan harga CPO tahun 2022 mencapai RM 5.500 per ton, tahun 2023 sekitar RM 4.500 per ton dan tahun 2024 diperkirakan akan sekitar RM 3.800 per ton.

Sementara dalam catatan Fitchrating, harga spot minyak sawit mentah (CPO) di Malaysia rata-rata berada disekitar US$ 1,500/ton selama semester pertama tahun 2022, menjadikan periode enam bulan pertama di tahun 2022 tersebut menjadi periode harga CPO tertinggi dalam sejarah.

BACA JUGA: Bank BJB Teken Pakta Integritas Bersama BPDP Kelapa Sawit

Harga melonjak pada semester pertama tahun 2022 didorong oleh kebijakan pembatasan ekspor yang dilakukan pemerintah Indonesia, prospek produksi yang lemah dari Malaysia dan kekhawatiran adanya kendala pasokan minyak bunga matahari akibat perang Rusia-Ukraina.

sayangnya harga CPO kembali melorot lebih dari US$ 300/ton sejak awal Juni 2022 menyusul adanya perubahan kebijakan di Indonesia untuk mendorong ekspor dengan mengurangi pungutan ekspor.

Sumber: Majalah InfoSAWIT Edisi  Agustus 2022

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com