Impor Minyak Sawit India November Naik 29 Persen

oleh -3809 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/Bulking storage CPO.

InfoSAWIT, MUMBAI – Tercatat impor minyak kelapa sawit ke India –pembeli minyak sawit terbesar di dunia- naik pada November menjadi sebesar 29% dari Oktober 2022, lantaran harga minyak sawit melemah akibat adanya persaingan harga dengan minyak kedelai dan minyak bunga matahari yang juga melandai.

Tentu saja kondisi melemahnya harga ini berdampak positif bagi para pelaku refineri lokal di India, dan meningkatkan keuntungan bagi mereka, demikian catat Lembaga Perdagangan India, pada Rabu lalu.


Sementara menurut catatan Solvent Extractors’ Association of India (SEA), merupakan asosiasi minyak nabati di India, impor minyak sawit India pada November mencapai 1,14 juta ton, atau menjadi dua kali lipat dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama.

BACA JUGA: Harga TBS Sawit Riau Periode 21-27 Desember 2022 Turun Rp 68,03/Kg, Cek Harganya..

Sebelumnya pemerintah India menerapkan kebijakan menaikan pajak impor minyak sawit mentah dan minyak kedelai, emas dan perak, dalam keterangan resmi pemerintah India seperti dilansir Reuters, lantaran  melonjaknya harga komoditas di pasar dunia.

Namun demikian pemerintah India melakukan revisi harga dasar impor minyak nabati, emas dan perak setiap dua minggu, dan harga tersebut digunakan untuk menghitung jumlah pajak yang harus dibayar importir.

BACA JUGA: Harga CPO KPBN 20 Desember 2022 Melorot Rp 125/kg

Masih dilansir Reuters, impor minyak sawit mentah (CPO) India pada November 2022 naik 29% menjadi 1,14 juta ton, sementara impor minyak kedelai meningkat 31% menjadi 229.373 ton, lantas impor minyak bunga matahari naik 8% menjadi sebanyak 157.709 ton. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com