Pelaku dan Petani Sawit Sumsel Sambut Rencana Harga Acuan Kelapa Sawit

oleh -3365 Dilihat
infosawit
Dok. InfoSAWIT/ CPO/crude palm oil/ minyak sawit mentah.

InfoSAWIT, JAKARTA – Munculnya rencana Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan yang menghendaki adanya  harga acuan Crude Palm Oil (CPO) melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), disambut baik oleh pengusaha dan petani sawit Sumatera Selatan.

Diungkapkan Analis PSP Ahli Madya, Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan, H. Rudi Arpian, dengan adanya rencana acuan harga CPO ke bursa berjangka lokal akan ada kepastian harga bagi pelaku usaha dan petani Sawit. Hal tersebut berbeda jika mengacu pada harga di luar negeri yang bergantung pada situasi luar.


“Sebagai contoh jika permintaan tinggi (demand) tapi bursa Rotterdam membuat harga rendah, tentu kita sangat dirugikan,” kata Rudi dalam keterangannya kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

BACA JUGA: Catatan Penting Kebijakan B35 dari Petani Sawit, Belum Bantu Naikan Harga TBS Sawit

Lebih lanjut, selama ini pelaku industri sawit dunia, termasuk Indonesia merujuk ke dua bursa utama MDEX di Malaysia dan Rotterdam di Belanda. Indonesia sebagai produsen minyak sawit terbesar di dunia, kata Rudi justru  tidak memiliki harga acuan sendiri. “Bahkan komoditi karet dan kopi kita masih memakai harga acuan negara lain, saat ini harga acuan yang sudah dimiliki Indonesia sendiri baru pada komoditas timah saja,” ungkapnya.

Seba itu Rudi berharap, dengan  segala kewenangan yang dimiliki Indonesia bisa menentukan harga CPO, Karet dan Kopi melalui bursa berjangka lokal. “Dengan demikian mandat Undang-Undang Nomor 32 tentang Perdagangan Berjangka Komoditi yang sudah diterbitkan pada tahun 1997 dapat terwujud di tahun ini,” tandas Rudi. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com