Luhut: Mulai 3 Juli 2023 Semua Pelaku Sawit, Termasuk Petani Mesti Lapor ke Pemerintah

oleh -98967 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Istimewa/Luhut Binsar Panjaitan, Menko Marinvest

InfoSAWIT, JAKARTA Guna memperbaiki tata kelola perkebunan kelapa sawit, pemerintah mewajibkan pelaku sawit baik itu perusahaan, koperasi, maupun petani rakyat, lapor tentang dari luas perkebunan hingga daftar perizinan, yang dberlaku mulai 3 Juli-3 Agustus 2023.

Diungkapkan, Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, semua pihak yang mempunyai kebun kelapa sawit wajib melapor ke pemerintah. Sementara, pemerintah sendiri, telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Peningkatan Tata Kelola Industri Kelapa Sawit dan Optimalisasi Penerimaan Negara, sesuai Keppres 9 tahun 2023.


Bahkan satgas tersebut sudah membuat portal pelaporan bernama Siperimbun. Semua pihak yang memiliki kebun kelapa sawit diwajibkan melapor lewat portal tersebut.

BACA JUGA: 115 Petani Sawit Ikut Pelatihan ISPO di Riau, Perkuat Daya Saing

“Perusahaan diimbau bisa melaporkan informasi itu lewat website Siperimbun sejak tanggal 3 Juli minggu depan hingga 3 Agustus, satu bulan. Koperasi dan rakyat akan diinformasikan secara paralel. Kami akan sosialisasi soal mekanisme pelaporan mandiri pelaku usaha,” ungkap Luhut dalam konferensi pers, di Jakarta Pusat, Jumat (23/6/2023).

Lebih lanjut tutur Luhut, Satgas tersebut juga sedang mengembangkan portal penyelesaian kebun kelapa sawit yang ada di dalam kawasan hutan. Lantas dari data tersebut, apabila ada pihak yang laporannya menyeleweng, Satgas akan melakukan pemanggilan dan melakukan konfirmasi.

BACA JUGA: 4 Isu Utama jadi Keprihatinan Rumah Sawit Indonesia

Luhut sendiri mengatakan pemerintah sudah punya citra satelit dan drone sebagai pegangan, namun pelaku usaha perkebunan kelapa sawit tetap harus melakukan laporan secara mandiri.

“Kita juga punya hak untuk melakukan pemanggilan, kalau ada hal-hal yang mencurigakan sesuai data yang kita miliki, perusahaan akan dipanggil untuk dikonfirmasi kesesuaian perizinan dengan lahan sawit yang dimiliki,” ujar Luhut. (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dari infosawit.com. Mari bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Bila Anda memiliki informasi tentang industri sawit, Silakan WhatsApp ke Redaksi InfoSAWIT atau email ke sawit.magazine@gmail.com (mohon dilampirkan data diri)

Tinggalkan Balasan