Kepala Desa Sembuluh II: Dorong Sektor Sawit Bermanfaat Bagi Penduduk Setempat

oleh -3929 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. InfoSAWIT/ Kepala Desa Sembukuh II, Ahmad Syukur

InfoSAWIT, JAKARTA – Menjadi Kepala Desa di daerah terpencil bukan perkara mudah. Rendahnya tingkat pendidikan dan penghasilan menjadi urusan yang sehari-hari ditemui. Sebab itu tekad Ahmad Syukur menjadikan sawit sebagai solusi perlu diapresiasi.

Kendati masih muda, Ahmad Syukur (37) yang merupakan penduduk asli Desa Sembuluh II, Kecamatan Danau Sembuluh, Kabupaten Seruyan , memilih menjadi Kepala Desa setelah sebelumnya mengabdi  sebagai staff aparat desa semenjak 2017 hingga 2012.


Tepatnya tahun 2014 lalu, Ahmad Syukur terpilih secara langsung menjadi Kepala Desa Sembuluh II, dan tahun ini menjadi periode yang kedua dirinya menjadi Kepala Desa. Kata Ahmad Syukur, dirinya melihat sektor kelapa sawit menjadi salah satu solusi bagi peningkatan ekonomi masyarakat setempat, bahkan berdasarkan hitungan peningkatan itu bisa mencapai 60%. “Sawit harus menjadi solusi,” katanya kepada InfoSAWIT, Februari 2023 lalu di Desa Sembuluh II.

BACA JUGA: BPKP Sebut Masih Ada Data Usaha Kelapa Sawit yang Tak Singkron

Kata Ahmad, masuknya kelapa sawit di desa yang Ia pimpin sejatinya telah terjadi semenjak 2016 lalu, dan salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit itu bahkan menawarkan kepada masyarakat untuk menjadi mitra plasma perusahaan.

“Tahun 2016 lalu PT Kerry Sawit Indonesia masuk lantas disusul perusahaan perkebunan kelapa sawit lainnya, seiring dengan itu ekonomi masyarakat pun mulai membaik,” cerita Ahmad Syukur yang belum bersedia menjadi salah satu kader partai politik tertentu.

Ahmad Syukur justru melihat dengan masuknya perkebunan kelapa sawit tersebut menjadi modal guna mendongkrak tingkat pendidikan dan kualitas penduduk di Desa Sembuluh II, bahkan termasuk kualitas pendidikan agama di masyarakat.

BACA JUGA: BPKP Sebut Masih Ada Data Usaha Kelapa Sawit yang Tak Singkron

“Dampak dari adanya kemitraan plasma sawit ini telah dirasakan, dari ekonomi masyarakat melonjak, tingkat pendidikan warga juga ikut meningkat, bahkan mulai ada warga kami yang melanjutkan hingga ke jenjang strata 1,” katanya. (T2)

Lebih Lengkap Baca Majalah InfoSAWIT Edisi April 2023

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com