SPKS Deklarasikan Aliansi Petani Sawit Swadaya Bersertifikat Berkelanjutan Indonesia (APSBI)

oleh -1338 Dilihat
Editor: Redaksi InfoSAWIT
infosawit
Dok. Istimewa/Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS).

InfoSAWIT, JAKARTA – Disela-sela gelaran acara Diskusi Nasional Sawit Berkelanjutan bertajuk “Mendorong Peran Aktif Koperasi dalam Peningkatan Produktivitas Kebun dan Percepatan Sertifikasi Berkelanjutan Petani Sawit Swadaya di Indonesia,” di Jakarta, dihadiri InfoSAWIT, Senin (31/7/2023), anggotas Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) mendeklarasikan Aliansi Petani Sawit Swadaya Bersertifikat Berkelanjutan Indonesia (APSBI).

Pada deklarasi itu petani sawit swadaya yang telah memperoleh sertifikat Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO) dan Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), yang dibacakan oleh anggota SPKS dari anggota Koperasi Petani Tembusai Sejahtera, Mardoli, menyampaikan lima point alasan dibentuknya APSBI, pertama, bersama pemerintah dalam  mempercepat sertifikasi ISPO bagi seluruh petani sawit Indonesia.


Lantas kedua,  memperbaiki  tata  Kelola  sawit  Indonesia  untuk kesejahteraan petani dan sawit berkelanjutan, ketiga, membangun kolaborasi dengan semua pihak untuk percepatan ISPO, Keempat, mempromosikan praktik-praktik terbaik sawit rakyat di nasional dan internasional, serta Kelima, menjadi mitra strategies BPDPKS dan komite ISPO.

BACA JUGA: Petani Sawit SPKS Targetkan 4000 Anggotanya Bakal Tersertifikat ISPO dan RSPO di 2025

Pada saat yang sama Direktur Pengolahan & Pemasaran Hasil Perkebunan Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI, Prayudi Syamsuri, mendorong petani sawit swadaya untuk segera mengikuti sertifikasi ISPO, lantaran kedepan pasar minyak sawit akan mensyaratkan minyak sawit berrtifikat yang akan diterima diperdagangan minyak sawit global.

“Jika petani sawit tidak segera mengikuti sertifikasi ISPO akan merugi, lantaran itu akan menjadi instrument pendiskon harga petani sawit,” katanya saat menjadi salah satu pembicara pada Diskusi Nasional Sawit Berkelanjutan bertajuk “Mendorong Peran Aktif Koperasi dalam Peningkatan Produktivitas Kebun dan Percepatan Sertifikasi Berkelanjutan Petani Sawit Swadaya di Indonesia,” di Jakarta, dihadiri InfoSAWIT, Senin (31/7/2023). (T2)

Dapatkan update berita seputar harga TBS, CPO dan industri kelapa sawit setiap hari dengan bergabung di Grup Telegram "InfoSAWIT - News Update", caranya klik link InfoSAWIT-News Update, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. Bisa juga IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS.


Atau ikuti saluran Whatsapp "InfoSAWIT News", caranya klik link InfoSAWIT News dan Group Whatsapp di InfoSAWIT News Update

Untuk informasi langganan dan Iklan silahkan WhatsApp ke Marketing InfoSAWIT_01 dan Marketing InfoSAWIT_02 atau email ke sawit.magazine@gmail.com